Pengertian Sumber Daya Alam

Pengertian Sumber Daya Alam – Keberlangsungan hidup manusia tentu tidak dapat dipisahkan dari alam, apapun itu bentuknya. Maka sudah seharusnyalah kita berhubungan baik dengan alam. Mengapa? Karena output dari alam ini ada yang jumlahnya terbatas, meskipun beberapa jumlahnya tidak terbatas. Tidak heran, jika di banyak Negara, kampanye mengenai penghematan sumber daya alam ini menjadi isu yang hangat dibicarakan. Pengertian sumber daya alam sendiri secara umum adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh alam dan menunjang kebutuhan hidup manusia.

Untitled

Bayangkan, betapa luas arti SDA bagi manusia. Tidak heran jika kemudian alam menjadi salah satu sumber keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh manusia. Adam smith menyatakan bahwa manusia harus menggunakan kekuatan/ sumber daya yang berbeda untuk menunjang produksinya. Dari kenyataan dan teori ini dapat dikatakan bahwa alam memiliki dukungan yang besar terhadap sebuah pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Semakin banyak sumber daya yang dimiliki dan semakin langka, maka potensi untuk ekonomi bertumbuh akan semakin besar. Berdasarkan kelangkaan ini, maka pengertian sumber daya alam diperluas lagi menjadi:

  • Sumber daya alam terbarukan (renewable); dan
  • Sumber daya alan non terbarukan (non renewable).

Sumber daya alam terbarukan disebut juga dengan SDA yang dapat diperbaharui. Pengertian sumber daya alam terbarukan ini adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh alam yang memiliki jumlahnya tidak terbatas dan dapat diusahakan untuk ada kembali dalam jangka waktu tidak terlalu lama. dengan catatan, penggunaannya juga tidak semena-mena. Yang termasuk dalam sumber daya ini antara lain:

  • Tumbuhan, hewan (akan terus ada selama illegal logging dihentikan);
  • Air, tanah, sinar matahari.

Selanjutnya adalah pengertian sumber daya alam non terbarukan atau tidak dapat diperbaharui. Yaitu sumber daya yang sifatnya terbatas, kalaupun dihasilkan lagi butuh waktu lama bagi alam untuk memproses. Bahan-bahan tambang adalah yang termasuk didalamnya. Karena keterbatasan ini, maka penggunaan sumber daya seharusnya dilakukan dengan bijak. Apapun itu, terbarukan maupun tidak. Sumber daya alam memiliki daya dukung terhadap lingkungan. Artinya semakin banyak pertumbuhan dan populasi manusia, maka SDA yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Sehingga, harus ada perbandingan lurus antara pertumbuhan manusia dan ketersediaan SDA.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *