Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Fungsinya Bagi Kemajuan Sebuah Negara

Teknologi informasi dan komunikasi menjadi suatu hal yang penting pada saat ini. Pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi ini adalah segala teknologi yang digunakan dalam suatu proses penyampaian informasi dan juga pesan dari satu orang ke orang lain dengan tujuan agar informasi dan pesan tersebut lebih cepat dan luas penyebarannya, dan juga lebih lama dalam proses penyimpanannya.

c 24

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi ini tentu dapat memudahkan kita untuk mendapatkan sebuah informasi atau melakukan komunikasi dari mana saja, kapanpun, dan dengan siapa saja.

Perkembangan teknologi merupakan suatu hal yang bisa dihindarkan karena perkembangan ini memang akan terus terjadi sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Setiap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pun memang diciptakan untuk memberikan manfaat yang baik bagi kehidupan manusia dalam melakukan segala aktifitasnya.

Dalam perkembangan sebuah negara pun, keberadaan teknologi informasi saat ini mempunyai peranan yang penting baik dalam beberapa bidang, khususnya dalam kemajuan sebuah negara dalam bidang ekonomi dan juga politik.

Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Bidang Ekonomi

Perekonomian pada suatu negara dapat terlihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada negara tersebut. Tinggnya suatu pertumbuhan ekonomi suatu negara menandakan bahwa terdapat perkembangan teknologi yang tinggi pula di negara tersebut.

Fungsi keberadaan teknologi informasi dan komunikasi dalam sebuah kemajuan sebuah negara khususnya dalam bidang ekonomi dapat diuraikan menjadi berikut :

  • Membuat pertumbuhan ekonomi menjadi meningkat
  • Adanya industrialisasi
  • Meningkatnya produktivitas dalam dunia industri. Karenanya, dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat meningkatkan produktivitas baik itu dalam bidang teknologi industri, ataupun dengan terjadinya investasi dan reinvestasi yang terjadi secara besar-besaran.
  • Para pekerja dituntuk untuk selalu mempunyai kehalian dan kemampuan lebih karena dengan keberadaan teknologi dan informasi ini akan membuat persaingan kerja yang semakin ketat. Hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi akan berdampak pada jumlah tenaga kerja yang diperlukan dan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan.

Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Bidang Politik

Dalam bidang politik pun, keberadaan teknologi informasi dan komunikasi pun merupakan sesuatu hal yang penting. Dalam politik sendiri keterampilan berkomunikasi sangat diperlukan, karena sesuai dengan pengertian politik sendiri yang berarti suatu kegiatan pengambilan keputusan secara kolektif untuk kepentingan bersama.

Baca Artikel Lainnya :

Tentunya komunikasi merupakan hal yang penting untuk mencapai keputusan yang ingin dicapai.

Hal yang membuat teknologi informasi dan komunikasi mempunyai pernanan yang penting dalam bidang politik adalah karena akan lebih memudahkan para penggiat politik dalam melakukan sebuah komunikasi, berbeda dengan komunikasi konvensional yang tidak begitu efisien untuk dilakukan dalam sebuah kegiatan politik.

Sekian uraian tentang Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Fungsinya Bagi Kemajuan Sebuah Negara, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *