Pengertian, Tujuan, dan Ciri-ciri Anekdot serta Contohnya

Pengertian Anekdot

Anekdot diartikan sebagai suatu cerita singkat yang bersifat lucu atau mengandung canda tawa dan menarik yang mana isinya menggambarkan seseorang, suatu kejadian atau gagasan tertentu.

q 11

Meski dinilai lucu dan menghibur, anekdot juga dianggap memiliki kandungan kritikan terhadap sesuatu, bisa berupa kritikan terhadap politik, hukum, lingkungan dan sosial.

Menurut KBBI anekdot merupakan cerita lucu, menarik dan mengesankan. Biasanya berdasarkan kejadian sebenarnya dan berisi mengenai orang penting atau terkenal. Anekdot memiliki bentuk dan gambaran yang singkat dan pendek serta sifatnya yang dinamis sehingga dimanati ole hbanyak orang.

Tujuan Anekdot

  • Menghibur pembaca
  • Menciptakan dan membangkitkan canda tawa
  • Menggambarkan suatu karakter secara singkat
  • Sebagai sarana ungkapan kritikan dan saran

Ciri-ciri Anekdot

  • Hampir menyerupai seperti dongeng
  • Menampilkan karakter hewan dan manusia
  • Bersifat humor dan lelucon
  • Memiliki sifat untuk menyindir
  • Umumnya berkaitan dengan orang penting atau terkemuka
  • Bertujuan untuk mengkritik

Contohnya

PTS

Dodi       : Don kamukan mau kuliah ke PTN, kalo ga keterima gimana tuh?

Doni       : Belum tau juga, emang kalo kamu gimana?

Dodi       : Aku sih kalo PTN ngga keterima, maunya daftar PTS aja. Pokoknya Tetep Sekolah!

Doni       : Bisa aja kamu. Ha ah

UAS

Andi       : Gus, kamu udah belajar buat UAS belum?

Agus      : Belumlah, aku belum belajar apapun Di.

Andi       : Terus gimana nanti kamu ngisi soal pas ujiannya, emang bisa kalo ga belajar?

Agus      : Bisalah, UAS kan Ujian Asal Silang, jadi ngapain belajar. Ha ha

Kemiskinan

Salah satu masalah yang sedang dihadapi dan belum bisa terselesaikan oleh negara ini yaitu permasalahan kemiskinan. Warga di Indonesia makin banyak yang mengalami kemiskinan.

Padahal dalam UUD menjelaskan jika fakir miskin itu dipelihara oleh negara atau pemerintah. Tapi, tidak dipelihara saja warga miskin terus bertambah. Terus bagaimana kalau dipelihara?

Baca Artikel Lainnya :

Sereal

Sereal sebagai minum makanan yang bergizi akan sangat baik bagi tubuh. Namun ternyata sereal tidak boleh dikonsumsi setiap hari, apalagi jika dikonsumsi tiga kali sehari. Karena mengkonsumsi sereal tiga kali sehari dianggap dapat menyebabkan resiko kanker yaitu kantong kering.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *