Pengertian Unsur Hara dan Pengaruhnya Terhadap Tanaman

downloadPengertian Unsur Hara dan Pengaruhnya Terhadap Tanaman – Sebagai makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang, setiap tanaman tentu membutuhkan makanan. Makanan tersebut bisa didapat dari unsur hara. Yaitu suatu zat yang dapat memberi pengaruh terhadap pertumbuhan dan juga perkembangan fisik pada tanaman. Unsur hara tak bisa digantikan dengan unsur lainnya karena termasuk unsur esensial yang harus ada dalam jumlah tertentu dengan takaran yang pas bagi masing-masing tanaman. Unsur hara terdiri dari beberapa jenis unsur yang dapat diperoleh dari udara melalui stomata dan juga lentisel pada tanaman dan bisa diperoleh dari tanah melalui akar.

Unsur hara secara garis besar dibagi menjadi dua bagian, yakni unsur hara makro, yaitu unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak dan ada pula unsur hara mikro, yaitu unsur hara yang diperlukan dalam jumlah sedikit. Berikut ini pembagian beberapa unsur hara yang diperlukan oleh tanaman, yaitu:

  • Unsur hara makro meliputiHidrogen, Nitrogen, Oksigen, Magnesium, Kalium, Karbon, Fosfor, Belerang dan Kalsium.
  • Unsur hara mikro meliputiBesi, mangan, Tembaga, Boron, Seng dan Klor.

Unsur hara memiliki pengaruh yang amat penting bagi tanaman khususnya dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman tersebut. Berikut ini manfaat dan pengaruh unsur hara terhadap tanaman, yaitu:

  • Memperlancar proses fotosintesis.
  • Membuat tanaman lebih cepat tumbuh dan berkembang dengan baik.
  • Memaksimalkan pertumbuhan akar dan pemasakan buah, biji atau gabah pada tanaman.
  • Mengoptimalkan kualitas buah dan bunga yang dihasilkan tanaman dari segi warna, rasa dan juga bobotnya.

Semua tanaman harus mampu memenuhi kebutuhan seluruh unsur hara dalam jumlah yang tepat demi menyempurnakan pertumbuhan dan beberapa manfaat tersebut demi perkembangan hidupnya. Sebab, unsur hara yang tidak terpenuhi secara menyeluruh dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi terganggu sehingga proses pertumbuhan tak dapat berjalan normal dan maksimal. Tapi bukan berarti unsur hara yang melebihi batas kebutuhan tanaman akan lebih maksimal dalam memberikan pengaruhnya bagi tanaman tersebut. Justru hal itu akan berdampak buruk bagi perkembangan tanaman untuk kedepannya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *