Pengertian Variabel dan Macam-Macam Variabel

Suatu besaran yang bisa diubah atau berubah serta berdampak dalam mempengaruhi suatu peristiwa atau suatu hasil penelitian disebut variabel. Pengertian diatas adalah pengertian variabel diartikan secara umum.

Banyak juga ditemui dilapangan bahwa macam pengertian variabel ini didasarkan pada mata pelajaran yang diambil, seperti mata pelajaran matematika, ilmu komputer, logika matematika dan sains.

l 133

  1. Variabel merupakan sesuatu yang menjadi objek penelitian, dilihat dari segi Sains.
  2. Variabel merupakan suatu karakter atau abjad yang didalamnya menggunakan jumlah yang belum ditentukan, dilihat dari segi Matematika.
  3. Variabel merupakan suatu nama yang bentuk umumnya berupa abjad, karakter, atau kata dapat menggantikan beberapa nilai dalam memori komputer, dilihat dari segi ilmu komputer.

Para pakar ataupun ahli memiliki definisi yang berbeda, namun maksudnya sama, diantaranya adalah :

  1. N Kerlinger, menurut beliau variabel merupakan sifat yang proses pengambilannya berdasarkan suatu nilai yang berlainan.
  2. Sugiarto, menurut beliau variabel merupakan karakter yang dapat diamati dari suatu objek, yaitu terjadinya berbagai macam atau variasi antar objek dalam kelompok tertentu.
  3. Tia Mutiara, menurutnya variabel merupakan fokus perhatian dari suatu hal yangdapat meberikan sebuah pengaruh karena mengan dung sebuah nilai.
  4. Sutrisno Hadi, menurutnya variabel merupakan sebuah objek dari penelitian yang bermacam-macam atau bervariasi.
  5. Bagja Waluyo, menurutnya variabel merupakan sebuah konsep ide yang tidak pernah tertinggal dalam setiap eksperimen atau sebuah penelitian.

Berikut merupakan jenis-jenis variabel, yaitu:

1. Variabel Dependen

Merupakan bentuk variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas. Variabel ini juga dikenal dengan istilah variabel terikat, variabel tergantung, variabel output, variabel efek, dan masih banyak istilah lainnya.

2. Variabel Independen

Merupakan jenis variabel yang mempengaruhi variabel terikat. Variabel ini juga dikenal dengan istilah variabel pengaruh, variabel stimulus, variabel perlakuan, dan lain sebagainya.

3. Variabel Kontrol

Merupakan jenis variabel yang dibuat secara konstan atau dapat dikendalikan yang menyebabkan variabel bebas dan terikat mempunyai hubungan yang tidak dapat diganggu oleh faktor dari luar. Variabel ini biasanya digunakan dalam penelitian eksperimen.

Baca Artikel Lainnya :

4. Variabel Intervening

Merupakan jenis variabel yang mempengaruhi variabel bebas dan terikat, namun tidak bisa diamati.

5. Variabel Moderator

Merupakan jenis variabel yang saling mempengaruhi atantara variabel bebas dan variabel terikat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *