Pengertian Zat Pengatur Tumbuh Atonik

Pengertian Zat Pengatur Tumbuh Atonik – Setiap Petani pasti menginginkan hasil tanaman nya tumbuh cepat dan sehat tanpa diserang hama agar bisa cepat panen. Dan itu adalah tujuan utama mereka. Jadi berbagai upaya pasti dilakukan, dan salah satunya adalah dengan menggunakan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) agar bisa merangsang tumbuhan agar cepat tumbuh.

ZPT yang alami (Hormon), murni dibuat oleh tanaman tersebut. Tapi dewasa ini dengan kecanggihan teknologi pertanian, bisa di buat tiruannya. Dan ZPT di buat dengan mempelajari ZPT alami (Hormon).

Dan untuk lebih jelasnya kita artikan ZPT buatan ini. Zat Pengatur Tumbuh adalah suatu senyawa organik yang berfungsi mempengaruhi proses fisiologi pada tanaman. Pada dasarnya setiap tanaman memproduksi hormon (endogen) untuk pertumbuhannya secara alami tetapi terkadang tidak maksimal. Sehingga di butuhkan Zat Pengatur Tumbuh yang dibuat secara organik untuk memicu pertumbuhan tanaman dari luar (exogen).

Dan salah satu merek dagang yang beresar dipasaran adalah ZPT Anatonik. Zat Pengatur Tumbuh Atonik (ZPT Atonik) dalam produk lokal dinamakan pupuk atonik. ZPT Atonik berupa cairan bberwarna coklat. ZPT Atonik ini Merupakan hormon exogen yang berfungsi membantu tanaman lebih cepat menyerap unsur hara, dan juga membantu memulihkan sel-sel tanaman yang rusak dengan cepat.

Selain itu ZPT Atonik juga memberikan perlindungan pada tanaman dari hama. ZPT Atonik juga bisa mempercepat proses pertumbuhan tanaman, sekali semprot kepada tumbuhan yang Anda inginkan maka tumbuhan itu langsung cepat tumbuh menjadi besar dengan daun yang lebar, batang yang kokoh sehingga buahnya pun menjadi ukurannya jadi lebih besar.

Kandungan Atonik

Atonik adalah Gabungan garam natrium 5 – nitroquicol dan garam natrium dari para hitrophenol. Dan bahan aktif yang terkandung didalamnya adalah

  • Natrium para – nitrefol (para nitrophenol) 3.0 g/l
  • Natrium orto – nitrofenol (ortho nitrophenol) 2.0 g/l
  • Natrium 5 – nitroguaiakol (nitroguaiacol) 1.0 g/l
  • Natrium 2 – 4 dinitrofenol (ditrophenol) 0,5 g/l

Cara Penggunaan ZPT Atonik

Untuk menggunakannya Atonik ini dicampur dengan air apa saja tetapi harus di saring ini untuk menghindari ada kotoran yang masuk. Kemudian di kocok dan disemprotkan pada tumbuhan yang Anda ingin kan.

Demikian informasi yang saya sampaikan semoga bermaanfaat untuk Anda.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *