Pengetahuan Seputar Cumi-Cumi

Pengetahuan Seputar Cumi-Cumi – Makhluk bertinta yang satu ini menyimpan banyak fakta menarik yang sayang bila kita lewatkan. Let’s check it out!cumi

Binatang ini merupakan makhluk berdarah dingin. Makhluk berjantung tiga ini akan mengeluarkan tinta hitam bila ia merasa terancam. Ia memiliki dua tentakel kontraktil untuk menangkap maksanya. Ternyata makhluk ini adalah perenang ulung, bahkan kegesitannya melebihi binatang invertebrata lainnya.

Binatang yang bisa hidup di air asin maupun air tawar ini sudah ditemukan 300 spesies berbeda oleh para peneliti. Adapun beberapa spesies cumi-cumi diantaranya;

Mesonychoteuthis

Cumi-cumi yang ditemukan di sepanjang bagian selatan Selandia Baru, Antartika, Amerika juga beberapa daerah Afrika ini merupakan cumi-cumi berukuran jumbo dengan panjang mencapai 12-14 meter. Makhluk ini memiliki kail tajam pada ujung tentakelnya yang digunakan untuk pertahanan terhadap serangan predator.

Dosidicus

Cumi-cumi berukuran kisaran 1,5 meter ini memiliki keunikan dapat berubah warna karena adanya photophores bercahaya. Hewan ini dapat ditemui di Samudra Pasifik, Alaska, California.

Todarodes

Cumi-cumi terbang ini memiliki dua tentakel dan delapan lengan. Ia sangat suka hidup di daerah dingin seperti Rusia, Canada, Alaska, China.

Vampyroteuthis

 Cumi ini memiliki mata yang terlihat merah atau biru, tergantung pada jumlah cahaya di sekitarnya. Binatang ini dapat dilihat di daerah tropis dengan panjang tubuh sekitar 30 cm.

Architeuthis

Cumi-cumi spesies kategori ini memiliki 8 kawanan sejenis dimana panjang betinanya lebih panjang dibanding jantannya yaitu 12-13 meter sedang jantannya 9-10 meter. Spesies jenis ini hidup di kedalaman 300-1000 meter di bawah permukaan laut yaitu banyak ditemui di perairan Australia, Selandia Baru, Norwegia dan Newfoundland.

Beberapa fakta lainnya terkait binatang yang satu ini diantaranya, cumi-cumi berenang dapat dengan cara mundur. Cumi-cumi menghisap air dengan melalui rongga pusat tubuhnya. terdapat atau Ada rongga mantel yang memaksanya keluar melalui pembuluh lentur yang biasanya disebut sifon. Sifon ini sendiri terletak di belakang tangannya. Mungkin karena pancaran air yang berada dalam tubuhnya membuat hewa yang satu ini berenang mundur.

Baca juga: Penemuan Hewan Aneh dan Unik Yang Menghebohkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *