Pengidentifikasi Senyawa asam dan Basa

Pengidentifikasi Senyawa asam dan Basa – Sebelum menuju kepada pengidentifikasi senyawa asam dan basa perlu diketahui definisi dari asam dan basa itu sendiri. Asam adalah suatu zat yang mengandung tingkat keasaman tinggi yang biasanya memilki pH di bawah 7,0. Sementara senyawa basa adalah kebalikannya, basa atau alkali ini mempunyai rasa pahit. pH basa berkisar dari 7,0-14.

asamb

Ada beberapa teori yang menjelaskan tentang pengidentifikasi senyawa asam dan basa yaitu:

1. Teori asam basa menurut Arrhenius
Inti dari teori pertama ini adalah asam yaitu zat yang jika dilarutkan ke dalam air akan memunculkan ion H+. Sementara untuk basa adalah zat yang akan menghasilkan ion OH- jika dilarutkan ke dalam air.

2. Teori Brownsted-Lowry
Setelah teori Arrhenius kemudian muncul teori kedua ini. Menurut Brownsted-Lowry asam adalah bertindak sebagai donor proton. Sementara basa adalah sebagai penerima proton.

3. Teori Lewis
Akibat dari teori sebelumnya yang masih mempunyai banyak kekuranga maka teori ini muncul. Lewis mengatakan jika asam merupakan suatu senyawa yang dapat menerima sepasang elektron yang bebas atau sering dikatakan sebagai akseptor proton. Adapun basa adalah senyawa yang mempunyai pasangan elektron bebas.

Ada bermacam-macam cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pengidentifikasi senyawa asam dan basa. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah cara yang sangat sederhana yaitu identifikasi senyawa asam dan basa memakai kertas lakmus. Kertas lakmus yang dicelupkan ke dalam larutan asam-basa akan berubah warna. Jika lakmus merah tetap merah dan lakmus biru berubah merah maka dapat dipastikan jika senyawa tersebut adalah asam. Namun apabila kertas lakmus merah berubah biru dan lakmus biru tetap biru maka senyawa itu termasuk basa.

Selain indikator secara kimia ada juga indikator alami yang bisa digunakan untuk pengidentifikasi senyawa asam dan basa yaitu menggunakan cara reaksi. Yang dapat anda lakukan tanpa perlu mempersiapkan bahan-bahan. Anda dapat mengelompokkan reaksi tersebut menjadi 5 kategori yaitu:

a) Asam kuat dan basa kuat,
b) Asam dan basa lemah,
c) Campuran dua senyawa asam,
d) Campuran basa dan basa.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *