Peningkatan Ekonomi Masyarakat Indonesia dengan Berbisnis UKM

Pertumbuhan ekonomi masyarakat merupakan suatu proses naiknya kapasitas produksi perekonomian dengan perwujudan dalam bentuk naiknya pendapatan nasional.

Untitled

Dengan adanya UKM Usaha Kecil Menengah yang ada di Indonesia mempunyai peran yang penting dalam pertumbuhan perekonomian terutama saat terjadinya krisis ekonomi yang menyebabkan terhentinya usaha yang berskala besar. Krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1971 merupakan suatu peristiwa yang sangat menakutkan dan hanya UKM lah yang masih mampu untuk survive.

Dengan adanya UKM maka pertumbuhan ekonomi masyarakat di Indonesia dapat ditingkatkan yang sebagian besar di Indonesia bergerak dalam bidang pertanian. Kegiatan UKM sendiri biasanya mencangkup berbagai kegiatan perekonomian.

Karena taraf pendidikan di Indonesia yang mayoritas  tergolong rendah, maka kegiatan UKM disektor tradisional maupun modern menjadi perencanaan pembangunan perekonomian. UKM mampu menopang sendi-sendi perekonomian di Indonesia dengan prospek yang luar biasa. Kenyataanya prospek pengembangan bisnis UKM sangat terbuka luas serta sangat menjanjikan.

Kegiatan pemberdayaan UKM oleh Pemerintah sangat perlu dilaksanakan sebab UKM berpotensi sangat bear dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat serta sekaligus sebagai sumber pendapatan mayoritas masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

UKM meningkatkan ekonomi masyarakat dengan perannya dalam mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia. Berdasarkan pengamatan  BPS diperoleh data bahwa UKM telah menyumbang peningkatan suatu Produk Domestik Bruto (PDB) sekitar 56% dari jumlah total PDByang ada.

UKM yang lebih berkelanjutan daripada usaha besar ini mempunyai kendala dibidang permodalan karena kurangnya akses Bank dikalangan UKM. Namun keuntungaanya dengan rendahnya akses perbankan maka UKM tidak bergantung pada naik turunnya suku bunga di bank sehingga usahanya tetap dapat berjalan.

Baca Artikel Lainnya :

Bisnis UKM yang bersifat sustainbility ini dikarenakan produksi-produksi barang yang konsumtif dan jasa dengan harga yang rendah sehingga tingkat pendapatan masyarakat tidak mempengaruhi jumlah permintaan yang ada.

Dengan meningkatnya pendapatan masyarakat maka diharapkan pula melalui UKM ini mampu meningkatkan Devisa Negara. Maka dari itu pemerintah perlu menggalakan program stimulus yang memberikan permodalan pada UKM dengan bunga yang rendah.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *