Peningkatan Keragaman (Variabilitas) Genetik

Peningkatan Keragaman (Variabilitas) Genetik – Keragaman genetik dapat muncul melalui kondisi lingkungan. Misalnya, Indonesia memiliki iklim tropis, maka keanekaragaman genetik yang dimiliki lebih banyak daripada negara dengan empat musim. Dapat dikatakan Indonesia memiliki keanekaragaman yang terbanyak. Mulai dari tumbuhan yang berasal dari Sumatera sampai Irian Jaya. Namun, juga ada beberapa tumbuhan yang kurang memiliki keanekaragaman genetik. Maka dari itu perlu dilakukan peningkatan keragaman (variabilitas) genetik.

a

Ambil saja contoh keanekaragamn manggis. Buah yang kaya khasiat ini sangat perlu dilakukan peningkatan keragaman (variabilitas) genetik karena jenisnya yang belum ada. Padahal buah ungu ini memiliki banyak manfaat. Apalagi bagian kulitnya yang ungu gelap. Maka tak heran sekarang banyak orang membuat ekstrak dari kulit manggis ini.

Ada banyak manfaat yang diperoleh jika mengonsumsi kulit buah ini, beberapa diantaranya yakni daapt meringakan wasir, menjaga kesehatan jantung, menyehatkan pencernaan dan lain sebagainya. Contoh lain yang telah berhasil menghasilkan beberapa variasi tanaman yakni buah naga. Awalnya, buah naga berwarna putih, selanjutnya ada variasi baru buah naga berwarna merah yang rasanya pun sama enaknya. Hingga sekarang ini munculllah bibit buah naga yang berwarna kuning.

Peningkatan keragaman (variabilitas) genetik dapat dilakukan melalui pemuliaan tanaman yakni salah satu kegiatan yang dapat untuk menambah keanekaragaman genetik. Cara ini dilakukan dengan mengotak-atik genetik tanaman terkait.

Pemuliaan tanaman ini dapat dilakukan dari genentik biji tanaman percobaan. Karena genotype biji ini menyamai induk tanaman tersebut. Ada tujuan lain mengapa perlu dilakukan pemuliaan tanaman, yakni untuk memperbaiki mutu tanaman yang akan dihasilkan. Jika aneka ragam tanaman Indonesia semakin banyak, hal tersebut akan membuat Indonesia lebih baik, menjadi negara yang diakui dunia karena kekayaan alamnya yang melimpah.

Apakah anda berminat untuk melakukan peningkatan keragaman (variabilitas) genetik? Jika anda berminat, maka anda perlu belajar lebih serius lagi. Pasalnya, merubah genetik untuk tujuan memberikan variasi tanaman lain tidak semudah yang dibayangkan. Namun, jika anda bersungguh-sunggu melakukannya pasti anda akan berhasil. Selain tanaman, hewan pun dapat dibuat variasi genentik melalui mengawinkannya dengan jenis yang lain. Cara tersebut membutuhkan kesabaran agar berhasil.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *