Penjelasan dan Beberapa Peranan Dari Sistem ekskresi Paru-paru dan Hati

Paru-paru dan Hati memiliki peran sebagai organ yang membantu proses ekskresi dalam tubuh manusia. mekanisme ekskresi yang terjadi di paru-paru dimulai dari gas CO2 serta air atau H2O yang didapat dari hasil metabolisme tubuh dibawa oleh darah menuju paru-paru dan berakhir dengan dikeluarkan dari tubuh.

g 93

sebagian besar gas CO2 hasil ekskresi tersebut dibawa oleh plasma darah dalam wujud ion-ion senyawa asam bikarbonat, dan sebagian kecilnya diikat oleh hemoglobin sehingga terbentuklah senyawa karbosihemoglobin.

Berbeda halnya dengan hati walaupun sama-sama bagian dari organ tubuh manusia namun memiliki sistem ekskresi yang berbeda dengan paru-paru. Hati merupakan bagian organ tubuh manusia berupa kelenjar yang beratnya mencapai 2 kilogram yang ada didalam tubuh.

Proses ekskresi ada hati dmulai dari darah yang dialirkan dari arteri hepatica  serta vena portal hepatica ke hati. Untuk jumlah darah yang dialirkan itu sebanyak 30% dari total jumlah darah yang ada di hati.

Sedangkan 70% jumlah darah total dihati dibawa oleh vena portal hepatica ke hati. jadi dapat dikatakan masing-masing pembuluh darah baik vena hepatica ataupun arteri hepatica sama-sama mengalirkan darah ke hati. darah yang dibawa ke hati tersebut mengandung zat-zat dan sari makanan yang sudah di proses di usus halus.

Pembuluh darah yang letaknya di hati adalah vena hepatica, oleh karena itu  sebagian besar darah memang sudah tugasnya dibawa oleh pembuluh darah ini. hati pun memiliki saluran empedu yang berfungsi membawa hasil produksi empedu yang ada di hati ke duodenum.

Baca Artikel Lainnya :

Kesehatan hati memang perlu dijaga kesehatannya agar tetap terjaga metabolisme tubuhnya. resiko penyakit yang memungkinkan menyerang hati adalah penyakit hepatitis hingga penyakit batu empedu.

selain dengan menjaga pola makan yang sehat, juga harus diseimbangkan dengan olahraga yang teratur agar aliran darah yang mengalir dalam tubuh khususnya pada hati lancar dan tidak tersumbat. Selain menjaga kesehatan hati kuga harus menjaga kebersihan lingkungan untuk menunjang aktivitas dengan udara dan lingkungan yang sehat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *