Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman cemara

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman cemara – Yang dimaksud dengan tanaman cemara adalah salah satu tanaman yang saat ini banyak dan sangat mudah ditemukan di dataran tinggi yang bermanfaat sebagai tanaman hias. Tanaman cemara ini termasuk ke dalam suku casuarinaceae yang mempunyai ragam jenis sekitar 70 jenis.

Tanaman ini pertama kali disebarkan di Benua Amerika untuk selanjutnya berkembang biak cukup pesat ke Siberia hingga ke Filipina. Selanjutnya penyebaran menjadi sangat luas ke seluruh belahan bumi termasuk salah satunya adalah ke Indonesia seperti cemara kipas yang banyak tumbuh dengan subur di dataran medium yang lembab atau bahkan mampu tumbuh secara liar di hutan – hutan yang memiliki kadar air cukup tinggi.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Damar

Mengenal Klasifikasi Cemara Kipas

Adapun klasifikasi dari cemara kipas adalah sebagai berikut :

  • Kingdom : Plantae
  • Sub kingdom : Viriplantae
  • Infra kingdom : Streptophyta
  • Super divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Pinopsida
  • Ordo : Pinales
  • Famili : Platyladus Spach
  • Spesies : Platyladus Orientalis L Franco

Morfologi Cemara Kipas

Morfologi cemara kipas bisa anda lihat dari akar, batang, daun, bunga dan buah, berikut penjelasannya :

1. Morfologi akar tanaman cemara kipas

Akar pada tanaman cemara mempunyai sifat perakaran tunggang, mempunyai warna putih kotor atau kekuningan dan digunakan untuk menyerap unsur hara tanah dan air.

2. Morfologi batang tanaman cemara kipas

Batang tanaman cemara mempunyai kondisi batang berdiri tegak, bulat, permukaan kasar, berwarna cokelat dan memiliki percabangan yang sangat banyak. Batang pada tanaman cemara ini bermanfaat sebagai salah satu bahan pembuatan pagar rumah, perlengkapan rumah tangga / furniture, kayu perahu dan sebagainya.

3. Morfologi daun tanaman cemara kipas

Daun tanaman cemara mempunyai daun yang bersifat majemuk dan berwarna hijau memiliki bentuk seperti kipas dan terdapat jarum – jarum yang tumpul.

4. Morfologi bunga tanaman cemara kipas

Bunga tanaman cemara termasuk ke dalam golongan bunga tunggal dan berumah satu. Bunga betina berbentuk menyerupai lonceng dan terletak di dasar cabang sedangkan bunga jantan berbentuk seperti cawan bercanggap dua dan terletak pada bagian ujung cabang. Penyerbukan dilakukan dengan alami maupun bantuan dari hewan – hewan sekitar.

5. Morfologi buah pada tanaman cemara kipas

Buah cemara mempunyai buah berbentuk kotak – kotak bulat dank eras yang mana pada masing – masing kotak memiliki jumlah biji yang sangat banyak. Di samping itu buah kotak ini terdiri dari beberapa daun buah dan ukuran dari buah ini berkisar antara 5 mm s/d 8 mm berwarna cokelat. Untuk biji buah ini mempunyai bentuk bulat pipih dan masing – masing berwarna kecokelatan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman cemara, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Cara Budidaya Ubi Jalar

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *