Penjelasan Lengkap Mengenai Protein Ekspresi Gen

Ilmu pengetahuan memang selalu berkembang setiap saat sehingga selalu menarik untuk selalu dipelajari dan juga dimanfaatkan. Salah satu penemuan baru yang bisa jadi informasi yang baik untuk kita adalah mengenai protein ekspresi gen. Ini adalah sebuah ilmu yang akan membantu kita dalam mempelajari struktur protein yang sebenarnya sangat kompleks sekali.

fia 60

Selain itu pada tahap atau cabang ilmu ini kita juga akan mempelajari mengenai proses penerjemahan protein yang berhubungan dengan DNA dan RNA. Oleh karena itu harus ada pembelajaran yang sangat detail mengenai jenis protein yang satu ini.

Proses ekspresi gen

Ada beberapa tahapan yang akan kita pelajari yang berkaitan dengan proses dalam menerjemahkan sebuah protein. Salah satu yang bisa kita coba adalah beberapa tahap berikut ini antara lain:

  1. Replikasi DNA, ini adalah proses dimana akan ada penggandaan pada rantai DNA yang akan membantu beberapa DNA terpecah menjadi beberapa bagian yang membuat ada beberapa sifat yang berbeda dalam setiap manusia. Pada tahapan ini juga akan ada beberapa istilah lagi seperti garpu replikasi yang akan memperlihatkan kita mengenai rantai yang ada pada sebuah protein.
  2. Transkripsi DNA menjadi RNA, pada tahapan ini akan ada pembelahan sel yang akan mengubah DNA menjadi RNA namun tidak langsung membelah begitu saja karena ada tahap menjadi mRNA. Tahapan ini terjadi di dalam plastida yang memang sangat mudah sekali dilihat dengan mikroskop.
  3. Translansi RNA menjadi protein, pada proses terakhir ini akan ada beberapa penerjemahan dalam beberapa sel yang ada. Hal ini akan menghasilkan beberapa arti dari sebuah DNA yang pada awalnya mungkin tidak kita ketahui.

Pada pembelajaran mengenai proses ekspresi gen ini kita akan menyaksikan beberapa proses yang terjadi pada sebuah gen yang dimana terdapat protein yang ada pada sebuah tubuh. Ekspresi dalam hal ini juga diistilahkan sebagai adanya sebuah perbedaan dalam proses yang biasanya terjadi sehingga menghasilkan sesuatu yang baru.

Ketika mempelajari ilmu ini kita juga akan menyaksikan beberapa cara baru dalam menganalisa pada protein yang ada pada tubuh kita. Salah satu yang paling banyak dilakukan ilmuwan adalah melihat apa yang terjadi dalam sebuah sel ketika protein tidak datang.

Oleh karena itu para ilmuwan menggunakan proses kultur sel yang akan membantu untuk memperlihatkan mengenai susunan mRNA yang terjadi pada tubuh kita. Selain itu juga sudah muncul beberapa teknik baru dalam mempelajari beberapa struktur sel ini seperti teknik microrray DNA, high troughtput sequencing dan analisis serial ekspresi gen.

Pada ilmu ini kita akan mempelajari mengenai banyaknya perbedaan pada sel manusia yang turut bisa memberikan perubahan juga pada tubuh dimana seorang individu bisa saja memiliki sifat sama dengan orang tua atau malah berbeda. Pada saat ekspresi gen ini berlangsung maka harus ada penerjemahan yang baik agar bisa mendapatkan hasil yang baik untuk percobaan yang kita lakukan. Kita harus bisa menerjemahkan mRNA dan molekulnya dengan sesuai.

Jika sudah mempelajari ini dengan baik pastinya kita sudah akan semakin mahir dalam menerjemahkan DNA ataupun RNA yang ada pada seseorang. Ini juga merupakan sebuah cabang dari bioteknologi yang berfokus juga pada darah. Jadi dengan mempelajari cabang ini kita akan mudah sekali menemukan beberapa hal yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *