Penjelasan Mengenai Kepala Putik

Kepala putik merupakan bagian yang ada pada bunga yang terletak di bagian ujung dari tangkai sari. Kepala putik pun berfungsi menyalurkan secara sempurna dibagian akhir penyaluran bakal biji untuk proses penyerbukan yang sempurna pada bunga.

g 87

kepala putik memiliki hubungan kuat dan kerjasama yang kompak dengan tangkai agar proses penyerbukan berhasil.fungsi lainnya dari kepala putik adalah sebagai saluran bagi bakal biji agar tersalur sempurna menuju kepala putik.

Tanpa adanya kepala putik maka dapat dikatakan tangkai sari pun tidak akan ada karena tidak ada yang menopang. Begitu pula dalam hal penyerbukan tidak akan berhasil karena tidak ada yang menyalurkan bakal biji dengan sempurna ke arah kepala putik.

Stigma atau kepala putik merupakan sarana reproduksi bagi tumbuhan jantan. Bila diibaratkan seperti pistol tujuannya adalah menembakkan serbuk sari agar bercampur dengan gamet dari betina dengan bantuan angin, atau binatang seperti lebah dan kupu-kupu.

Sebagian besar stigma yang ada disesuaikan dengan terdapatnya perangkap serbuk sari yang bentuknya dilengkapi dengan rambut serta penutup dan terdapat permukaan lain untuk meningkatkan efisiensinya.

Agen Poker

Sebagian stigma pun ditutupi dengan semacam zat lengket sepeti lilin. Zat tersebut memudahkan stigma untuk dapat menyediakan layanan penting yaitu dengan re-menghidrasi serbuk sari yang kering agar mempersiapkan biji-bijian supaya dapat memasuki ovarium serta dimulailah proses pembuahan pada tanaman.

Bagian-bagian stigma ini terdiri dari beragam permukaan lengket dimana bagian atasnya ibaratkan pistol bunga. Stigma memiliki berbagai bentuk dan ukuran yang dimiliki tergantung dari jenis tanamannya.

Bentuknya dapat panjang serta ramping bahkan lebih bulat dengan terdapat ujung percabangan. Dalam penelitian selalu terjadi modifikasi kepala putik dari bunga yang satu ke bunga lainnya agar lebih produktif dalam menangkap serbuk sari.

Baca Artikel Lainnya :

Misalnya dengan bentuk seperti bulu yang tinggi tujuannya agar serbuk sari dapat mendarat lebih sempurna dengan permukaan yang lebih banyak.

Setelah mengetahui bentuk kepala putik dan perkembangannya masyarakat dapat memahami proses produksi atau penyerbukan bunga. Sehingga dapat memberdayakan jenis tanaman bunga lainnya khususnya yang memiliki hobi berkebun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *