Penjelasan Mengenai Pola Pengembangan Narasi

Berdasarkan jenisnya, paragraph terdiri dari berbagai jenis yang sesuai dengan tujuannya masing-masing paragraph tersebut.

Salah satu paragraph yang sering dijumpai dan cukup mudah untuk dibuat yaitu paragraph narasi.Paragraph narasi merupakan paragraph yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa yang dibuat secara kronologis atau berdasarkan urutan waktu.

p 66

Sebuahparagraph narasi memiliki sejumlah ciri atau karakter yaitu diantaranya tokoh menjadi elemen utama dalam sebuah paragraph narasi, serta terdapat latar belakang seperti kondisi ruang dan waktu yang diceritakan di dalamnya, ditambah dengan adanya urutan waktu kejadian yang ditulis secara kronologis.

Selain ciri atau karakteristik tersebut, dalam pembuatannya pun paragraph narasi memiliki atau terdiri atas pola yang mengembangkan paragraph narasi tersebut. Secara sederhana pola yang mengembangan paragraph narasi berupa awal peristiwa, tengan serta akhir peristiwa.

Umumnya pada bagian awal dalam paragraph narasi harus disusun dengan semenarik mungkin agar pembaca tidak bosan pada paragraph awal tersebut dan terus melanjutkan membaca hingga pada kejadian-kejadian pokok yang disampaikan dalam paragraph narasi tersebut.

Selain itu, inti dari pola pengembangan narasi tersebut terdiri dari urutan waktu dan urutan peristiwa. Kedua pola tersebut yang harus ada dalam sebuah paragraph narasi. Berikut pola-pola pengembangan narasi tersebut.

  • Urutan Waktu

Urutan waktu disebut juga dengan pola kronologi. Pada pola ini, setiap kejadian atau peristiwa diceritakan atau disampaikan secara berurutan berdasarkan waktu kejadian itu terjadi. Dengan mengikuti pola ini, penulis akan lebih mudah dalam menulis paragraph narasi, serta isi dari paragraph narasi tersebut pun akan mudah dipahami.

Banyak kasus, pembaca yang merasa kebingungan karena cerita yang disampaikan terkesan lompat-lompat dan kejadian yang disampaikan tidak berurutan.

Contoh sederhanyanya dalam pola urutan waktu ini, misalnya dimulai dari pagi hingga pagi lagi.

  • Urutan Ruang

Pada pola ini, paragraph berisi kejadian atau peristiwa yang disusun atau dirangkai mengikuti bagian-bagian dari suatu tempat tertentu.

Baca Artikel Lainnya :

Pola ini juga penting dalam menyusun paragraph narasi, sehingga pembaca bisa memahami setiap ruang yang disampaikan pada paragraph narasi. Contoh dari pola ini, misalnya dari bagian dalam menuju bagian luar, dari barat ke timur, dan sebagainya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *