Penjelasan Mengenai Potein

Protein merupakan sekelompok jenis bahan makronutrien yang jenisnya beda dari karbohidrat dan lemak. Fungsinya ada yang digunakan sebagai sumber energi bila mengalami kekurangan energi dalam aktivitas metabolisme tubuh.

g 97

unsur-unsur yang terdapat dalam protein diantaranya seperti asam amino meliputi hidrogen,nitrogen, oksigen, hingga karbon. Namun ada pula beberapa jenis asam amino yang mengandung unsur-unsur lain seperti besi, fosfor, hingga iodium.

Nitrogen yang terdapat dalam asam amino merupakan unsur utama protein yang secara umum terdapat di dalam hampir semua jenis protein. Dari segi persentase nitrogen memiliki bobot 16% dari berat protein.

Dari segi molekul struktur protein yang membentuknya lebih kompleks dibandingkan karbohidrat serta lemak. Unsur fosfor dan belerang pun bisa terdapat dalam protein, bahkan unsur besi dan tembaga pun bisa terdapat didalamnya untuk beberapa jenis protein tertentu.

Protein mudah sekali mengalami perubahan bentuk secara fisik serta biologisnya. Perubahan tersebut disebabkan beberapa faktor seperti PH, sinar radiasi radioaktif, kondisi panas, asam hingga basa.

Secara fisik perubahan dapat terlihat bila secara fisik mengalami pengendapan atau pemadatan. Memang tidak semua protein dapat larut dalam air, namun ada pula yang tidak dapat larut dalam air. Protein memiliki jenis yang berbeda-beda diantaranya sebagai berikut:

  • Protein Fibriler

jenis protein ini berbentuk serabut dan tidak dapat larut di larutan garam, alkohol maupun basa. ini dikarenakan larutan tersebut merupakan pelarut encer, misalnya keratin yang terdapat di rambut, hingga kolagen yang terdapat di tulang rawan.

  • Protein globuler

Jenis protein ini berbentuk mirip seperti bola dan sifaynya mudah larut dalam larutan garam setta asam yang encer. karakteristik protein ini dapat berubah dipengaruhi oleh suhu serta konsentrasi dari larutan asam, basa, hingga garam.

Baca Artikel Lainnya :

Dari penjelasan jenis protein tersebut masyarakat dapat membedakan jenis protein yang mudah larut dan tidak mudah larut. sehingga masyarakat dapat mengetahui lebih jauh bagaimana jenis-jenis protein bekerja.

Dengan begitu semakin banyak masyarakat memahami struktur dari protein tersebut dan cara membuat protein dengan struktur yang dijelaskan tersebut.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *