Penjelasan Singkat Tentang Jenis-Jenis Manusia Purba Masa Lampau

Penjelasan Singkat Tentang Jenis-Jenis Manusia Purba Masa Lampau – Manusia purba merupakan Jenis manusia yang hidup di masa prasejarah dimana saat itu belum ditemukannya cara komunikasi secara tertulis.

Bila dihitung secara waktu kehidupan manusia purba ada sejak empat juta tahun yang lalu. Waktu yang ditentukan tersebut diperkrakan dari hasil penelitian dan penemuan dari fosil-fosil  peninggalan zaman purba tersebut.

Untitled

Dikarenakan sudah tidak ada manusia purba yang masih hidup tersebut maka manusia purba pun dikenal dengan istilah lain yaitu manusia fosil.

Kehidupan manusia purba ada saat itu di zaman Pleistosen dimana ciri-cirinya dapat dilihat dari segi kecerdasannya, bentuk fisik serta tongkat yang dijadikan senjatanya untuk berburu di peradabannya.

Secara volume fisik otak manusia purba ukurannya lebih kecil bila dibandingkan dengan dengan manusia di jaman sekarang.

Agar lebih jelas membedakan jenis manusia purba yang hidup saat itu selain dari tongkat yang digunakan dapat membedakannya dengan dua cara:

  • Melalui sisa tulang-tulang manusia purba tersebut, atau tumbuhan yang telah menjadi batu atau fosil.
  • Melalui Berbagai peralatan peninggalan manusia purba saat itu, misalnya seperti alat-alat rumah tangga, perhiasan hingga bangunan tempat tinggal dan senjata yang digunakan.

Dengan dua cara tersebut maka dapat di teliti lebih jauh jenis manusia purba seperti apa yang hidup saat itu dan juga pernah hidup pada waktu berapa juta tahun yang lalu.

Dengan mengetahui asal-usul tentang manusia purba dapat membuka wawasan berfikir kita akan sejarah manusia yang pernah hidup di bumi ini beberapa juta tahun yang lalu, Sehingga manusia di jaman modern saat ini dapat mengetahui perubahan besar atau evolusi yang terjadi seperti apa perubahannya baik dari segi bentuk tubuh, hingga cara bertahan hidup yang diterapkan saat itu.

Baca Artikel Lainnya :

Dari penjelasan singkat tentang jenis-jenis manusia purba masa lampau dapat disimpulkan bahwa hingga saat ini masih ada hewan monyet atau gorilla yang memiliki bentuk tangan hingga sistem reproduksi seperti manusia menggamparkan bahwa dahulu manusia memiliki tubuh purba yang mirip dengan monyet. Oleh karena itulah mengapa ada istilah nenek moyang manusia berasal dari monyet.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *