Penjelasan Tentang Hukum Membunuh Dalam Islam

Tindakan membunuh atau menghilangkan nyawa orang lain dengan sengaja merupakan tindakan yang melanggar hukum. Tindakan ini sangat tidak manusiawi karena mengakhiri harapan hidup seseorang dengan paksa.

Selain negara melarang tindakan ini, semua agama juga mengutuk tindakan membunuh ini termasuk juga agama Islam. Nah, bagaimanakan penjelasan tentang hukum membunuh dalam Islam? Berikut ulasannya untuk anda.

p 133

  1. Membunuh satu orang berarti membunuh semua orang

Sebagaimana dijelaskan dalam surat Al-Maidah ayat 32, bahwa manusia yang membunuh satu manusia lainnya adalah bagaikan ia membunuh semua manusia.

Maka sudah pasti dosa orang yang membunuh orang lain walaupun hanya satu orang, adalah sangat berat. Selain itu membunuh juga berpotensi untuk membawa kerusakan pada muka bumi.

  1. Balasan membunuh adalah neraka jahannam

Orang yang membunuh sudah pasti akan mendapat hukuman. Selama masih di dunia, orang yang membunuh akan mendapatkan hukuman berupa kurungan atau bahkan hukuman mati juga.

Selain itu, orang yang membunuh juga akan mendapatkan sanksi sosial berupa hujatan dan juga dijauhi masyarakat.

Akan tetapi, tidak hanya di dunia saja mereka akan menderita. Hukuman yang sebenarnya adalah hukuman yang bakal mereka dapatkan nanti di akhirant berupa neraka jahannam hal ini berdasarkan firman Allah dalam surat An Nisa : 93

Yang berbunyi “ Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.”

  1. Islam tidak mengajarkan untuk membunuh dengan alasan apapun

Sekarang ini banyak orang islam yang berani membunuh orang dengan alasan menegakkan agama Islam atau jihad.

Padahal Islam adalah agama yang mencintai kedamaian dan sangat mengutuk kekerasan apalagi pembunuhan. Maka sebenarnya dalil manakah yang mereka pakai saat melakukan aksi mereka?

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah penjelasan tentang hukum membunuh dalam islam. Apapun agamanya dan di manapun itu, membunuh adalah suatu tindakan yang sangat tidak manusiawi dan sangat dilarang. Maka dari itu, jaga selalu perdamaian dan ketenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *