Pentingnya Keanekaragaman Genetik

Pentingnya Keanekaragaman Genetik – Keanekaragaman genetik merupakan hal yang berhubungan dengan jumpah spesies di muka ini. Di Indonesia sendiri saja ada berates-ratus spesies yang harus dijaga kelestariannya. Besar akibatnya jika keanekaragaman hayati ini tidak dijaga dengan baik. Hal yang paling parah terjadi adalah punahnya spesies tertentu dari muka bumi ini. Semoga hal itu tidak terjadi. Pentingnya keanekaragaman genetik perlu sekali dilakukan oleh semua penduduk di dunia ini.

2

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai pentingnya keanekaragaman genetik ini. Karena itu semua berhubungan langsung dengna keseimbangan alam dan kelangsungan hidup makhluk di bumi ini. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah keanekaragaman bagi ekosistem di bumi ini. Bayangkan jika ekosistem tidak seimbang, pasti umat manusia lama-lama akan punah. Karena, rantai makanan mulai kacau akibat ekosistem yang tidak seimbang. Misalnya saja, hewa karnivora telah habis, maka hewan sekunder akan semakin banyak dan rantai makanan tingkat III akan habis. Karena mereka dimakan secara terus menerus oleh pemakan sekunder.

Hal berikutnya yang tak kalah menggelisahkan mengenai pentingnya keanekaragaman genetik adalah jangan sampai manusia terlalu serakah terhadap alam. Misalnya, terlalu banyak memburu binatang karnivora untuk kepentingan pribadai. Pasalnya, binatang karnivora seperti elang dan harimau mulai menghilang dari peradaban ini. Selain itu, manusia terlalu serakah untuk membabat hutan yang menjadi penghasil oksigen sebagai penopang kebutuhan sehari-hari. Upaya pemerintah dalam menangani hal ini juga menrupakan andil besar untuk memajukan Indonesia menjadi lebih baik.

Pentingnya keanekaragaman genetik berikutnya yakni harus menjaga keanekaragaman makhluk laut. Pasalnya, luas laut melebihi luas daratan. Pencemaran laut dengan membuang limbah hasil pabrik-pabrik di laut telah mencemari kehidupan laut. Seharusnya, sebelum limbah dibuang diproses terlebih dahulu. Beberapa masyarakat Indonesia bekerja sebagai nelayan, apa yang terjadi jika lahan mereka harus hilang? Apalagi kandungan dalam hasil laut itu sangat banyak dan baik untuk tubuh. Sebagai negara denga tingkat keanekaragaman nomor dua di belakang Brazil, maka Indonesia harus semakin gencar melindungi alam ini.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *