Pentingnya Kehadiran Hutan bagi Umat Manusia

Pentingnya Kehadiran Hutan bagi Umat Manusia – Seperti yang kita tahu, hutan merupakan paru-paru dunia. Dikatakan sebagai paru-paru dunia karena hutan dapat menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen yang amat bermanfaat bagi kehidupan. Keberadaan hutan sangatlah penting karena oksigen yang dihasilkan berfungsi sebagai gas yang digunakan oleh makhluk hidup termasuk manusia untuk bernafas.

Untitled

Tanpa adanya hutan, maka sumber oksigen dan kehidupan di dunia akan menghilang. Yang ada hanya gas-gas beracun yang dapat merusak kesehatan dan menghancurkan kehidupan setiap makhluk hidup di dunia. Selain itu, ada pula beberapa alasan lain yang membuat keberadaan hutan sangatlah penting bagi manusia dan kehidupan di dunia, antara lain:

Sebagai tempat penyimpanan air dan pencegah polusi

Hutan yang dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan rindang tentu saja memiliki tanah yang subur dan kaya akan sumber air bersih yang bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup di seluruh dunia.

Resapan air yang baik membuat sumber air bersih mudah diperoleh dan menunjang aktivitas kehidupan. Selain itu, hutan juga dapat memfilter berbagai polusi dan mencegah pencemaran udara karena kandungan zat di udara yang sifatnya berbahaya dapat diserap dan dihilangkan sehingga resiko pencemaran udara yang dialami oleh makhluk hidup di sekitarnya dapat dihindari dengan maksimal.

Habitat flora dan fauna

Selain bermanfaat dan memiliki fungsi penting bagi manusia, hutan juga mempunyai peran yang sangat besar bagi kehidupan flora dan fauna sebagai tempat tinggal atau habitat hidupnya. Apabila hutan mengalami kerusakan atau sengaja dirusak oleh perbuatan tangan jahil manusia, maka kehidupan flora dan fauna yang ada di dalamnya secara otomatis akan ikut terganggu dan mengalami masalah yang menimbulkan keseimbangan ekosistem tidak terjaga. Habitat yang punah akan membuat kehidupan flora dan fauna di dalamnya pun ikut terancam.

Sebagai sumber perekonomian

Hutan memiliki fungsi sebagai sumber ekonomi karena terdapat berbagai hasil hutan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan yang mempunyai nilai jual. Di Indonesia, hasil hutan seperti kayu, karet dan lainnya dikelola untuk dijadikan sebagai sumber ekonomi dengan menjualnya sebagai bahan utama pembuatan alat rumah tangga ataupun kebutuhan lainnya pada perusahaan tertentu.

Pengelolaan dan pelestarian yang baik perlu diterapkan supaya keberadaan hutan tetap stabil dan seimbang sebagaimana fungsi utamanya sebagai penghasil oksigen dan paru-paru dunia.

Bahkan perlu diketahui pula bahwa keberadaan hutan sangatlah penting sebagai pencegah dan pengendali bencana seperti longsor, banjir dan lain sebagainya. Karena fungsi hutan amat penting bagi kehidupan semua makhluk hidup, maka lestarikanlah hutan dengan sebaik-baiknya agar masalah dan dampak kehidupan yang ditimbulkan akibat kerusakan hutan dapat diantisipasi dengan maksimal. Dengan demikian, kehidupan yang seimbang dan selaras berkat keberadaan hutan yang terjaga akan terus terlaksana hingga di masa mendatang.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *