Pentingnya Mengkonsumsi Vitamin A

Sejak kecil pasti kita sering sekali mendengar fungsi penting dari Vitamin A. Memang vitamin ini merupakan salah satu vitamin yang banyak sekali terdapat pada beberapa jenis makanan dan juga bahan makanan. Jaman dahulu orang tua sering memberi tahu bahwa vitamin ini berguna sekali untuk kesehatan mata.

fia 46

Hal tersebut memang benar sekali, tetapi selain itu semua masih ada juga beberapa manfaat lain dari vitamin ini. Satu hal yang pasti adalah vitamin ini mudah sekali untuk ditemukan.

Bahan makanan mengandung vitamin A

Ada beberapa bahan makanan yang bisa kita konsumsi yang mengandung Vitamin A. Mungkin selama ini yang paling kita sering dengar adalah wortel, namun sebenarnya masih ada bahan makanan yang lainnya. Berikut ini adalah bahan makanan yang mengandung vitamin ini antara lain:

  1. Wortel
  2. Tomat
  3. Pepaya
  4. Bayam
  5. Hati sapi
  6. Paprika
  7. Lobak
  8. Mangga
  9. Kacang polong
  10. Minyak hati ikan

Mengenal vitamin A

Sebagian besar orang hanya mengenal vitamin A dari fungsinya saja, padahal ada beberapa fakta mengenai vitamin yang cukup terkenal ini. Vitamin A terbuat dari Retinol yang banyak ditemukan. Pada tubuh kita sebenarnya sudah ada vitamin A yang akan bekerja semakin cepat ketika kita juga mengkonsumsi vitamin ini. Vitamin ini sangat erat sekali dengan kondisi kesehatan mata seseorang.

Fungsi-fungsi vitamin A

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa vitamin ini banyak sekali digunakan oleh seseorang untuk kesehatan. Ada beberapa fungsi yang ditawarkan oleh vitamin ini. Berikut ini adalah fungsi utama dari vitamin ini antara lain:

  • Perkembangan embrio, bagi ibu hamil sangat baik sekali mengkonsumsi vitamin ini karena akan membuat embrio dalam kandungan pertumbuhannya jadi lebih baik.
  • Kesehatan mata, ada banyak fungsi dari vitamin A ini yang bisa dirasakan pada mata seseorang yang menjadi fungsi utama vitamin ini.
  • Penyembuhan, ketika seseorang mendapatkan luka juga bisa dengan mudah dibantu disembuhkan jika mengkonsumsi vitamin ini.
  • Mencegah penyakit, ada beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan vitamin ini salah satunya adalah penyakit kanker.
  • Antioksidan, terdapat senyawa beta karoten yang bisa jadi senyawa penting dalam mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Fungsi vitamin A untuk mata

Memang banyak sekali fungsi dari vitamin A yang salah satunya adalah fungsi untuk kesehatan mata kita. Jika kita mengkonsumsi vitamin ini sejak kecil maka kita bisa mencegah beberapa penyakit mata seperti mata minus. Selain itu bagi beberapa orang yang mengalami rabun senja juga bisa disembuhkan dengan vitamin ini.

Caranya cukup mudah sekali, kita bisa mengkonsumsi wortel dan juga beberapa buah-buahan lain yang mengandung vitamin A. Ada kandungan beta karoten yang akan sangat membantu dalam proses pencerahan mata.

Ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini dengan sering maka fungsi pada tubuh kita akan semakin baik. Kandungan retinol juga sebenarnya sangat baik untuk kesehatan mata dan juga kesehatan tubuh. Sebenarnya ada beberapa bahan makanan lain yang mengandung vitamin A yang akan sangat membantu sekali dalam proses penyembuhan berbagai luka.

Biasanya bahan makanan ini dikonsumsi dengan cara dimakan dan diolah menjadi beberapa masakan. Jadi mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A sejak sekarang karena akan sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *