Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini – Sebuah bangsa yang maju tentunya tidak lepas dari pendidikan, dimana pendidikan sangat penting untuk kemajuan bangsa. Oleh karena itu setiap warga negara harus mengikuti jenjang pendidikan baik jenjang usia dini dimulai dari TK, SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi.

Untitled

Dari lahir seorang anak memerlukan pendidikandisertai pemahaman sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan akan membantu dalam proses belajar anak baik secara emosional. Intelektual maupun sosial.

Sebelunya kita bicara mengenai pendidikan secara dini? (PAUD) ini merupan awal sebelum pendidikan dasar yang merupakan suatu cara pembinaan dari sejak lahir hingga enam tahun. Menurut penelitian kapabilitas kecerdasan 50% orang dewasa telah terjadi dimulai anak usia 4 tahun, dimana 80% dari mereka terjadi perkembangan yang sangat baik mengenai jaringan otak dimana anak berusia 8 tahun dan puncaknnya ketika anak berumur 18. Setelah itu meskipun di lakukan perbaikan seperti nutrisi tidak berpengaruh banyak terhadap kognitif seseorang.

Anak usia dini yang tidak mendapatkan pendidikan tentunya beda sama anak yang mendapatkan pendidikan di usia dini. Anak yang tidak berpendidikan dini seperti bensin yang tiris.

Sedangkan anak yang berpendidikan bensinnya penuh sehinga mesin akan cepat nyala dan mudah nyala beda sekali sama anak yang tidak melakukan pendidikan dini mereka akan kesuliatan dan pelan pelan sekali dalam menyalakan mesinnya. Disini pendidikan anak bisa dimulai saat anak mulai berusia satu setengah tahun. Hal inilah yang menjadi alasan pentingnya pendidikan anak secara dini.

Di sekolah anak akan belajar menjadi pribadi yang mandiri, percaya diri. Kuat bersosialisasi, kuat bersosialisasi, mengambil ide yang bagus dan cemerlang, cepet beradaptasi, dan belajar dengan semangat. Sedangkan anak anak yang tidak mendapatkan pendidikan dasar mereka akan lambat dalam menerima sesuatu.

Hal ini membutuhkan peran orang tua dalam meningkatkan intelektual anak sehinga anak benar benar siap dalam memulai pendidikan di sekulah. Anak yang memiliki atau mendapat intelektual yang tinggi tentunnya akan mudah dalam menerima yang di ajarkan oleh guru guru mereka.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

  1. Tarakid

    Iya mas, peran orang tua gak hanya dibutuhkan, tetapi harus. karna rusaknya moral anak itu jadi tanggung jawab dan sebagian besar memang karna salah didik orang tua.

    nice blog btw 😉

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *