Penyakit berikut ini menjadi langganan anak

Ibu mana yang tidak merasa khawatir jika anaknya sakit atau terkena penyakit ? anak sangat rentan terkena penyakit. Pasalnya anak sering bermain di lingkungan yang terbuka, lebih aktif dan juga sembarang.

Hal ini membuat ibu harus menjaga ekstra dan juga teliti supaya anak tidak terkena penyakit. Namun, tetap saja ada virus atau bakteri yang akan menyerang anak anda ketika bermain. Nah, penyakit apa saja yang umum menyerang dan sering menyebabkan anak mudah jatuh sakit.

r 152

Dengan mengetahui penyakit yang sering menyerang dapat membantu anda dalam menghindari dan mencari solusinya. Berikut beberapa penyakit yang menjadi langganan anak.

  1. Diare

Diare merupakan penyakit pertama yang sering menyerang anak. Penyakit ini menyebabkan buang air besar secara terus menerus dan lebih dari 4x selama 24 jam. Diare ditandai dengan feses yang encer dan juga menyembur atau mencret.

Nah, diare tidak hanya menyerang anak batita atau balita, namun terkadang bayi beberapa bulan dan juga bayi awal kelahiran. Hal ini biasanya dikatikan dengan pencernaan sang anak. Umumnya jika masih bayi, diare terjadi karena penyesuaian.

Jika sang anak sudah mengonsumsi makanan maka bisa dikaitkan bahwa makanan tersebut tidaklah higienis. Selain itu dokter dapat mengasumsi bahwa makanan tersebut tidak cocok untuk perut si kecil. Diare umumnya disebabkan oleh bakteri rotavarius  yang tentu tidak dibutuhkan oleh tubuh, terutama anak.

  1. FLU

Flu merupakan penyakit sejuta umat, alias siapa saja dapat terkena penyakit ini. Termasuk anak-anak dan bayi. Flu ditandai dengan pilek, batuk, demam, sakit tenggorokan dan mata terasa panas. Selain itu tak jarang anak merasa sendi pegal dan juga menggigil.

Kebanyakan influenza memang sembuh secara sendirinya, sebenarnya obat yang paling manjur adalah istirahat, namun karena ini menyerang anak yang aktif maka hal tersebut akan sulit dilakukan.

Anak yang sakitpun akan cenderung rewel dan tidak dapat istirahat dengan baik. Jika belum sembuh bawa kedokter untuk diberikan obat, sedangkan jika sudah mulai sembuh berikan vitamin dan makanan seperti buah-buahan untuk membantu pemulihan dan juga memperbaiki kondisi tubuhnya setelah sakit.

  1. Demam

Penyakit selanjutnya adalah panas tinggi atau demam. Anak sering sekali menderita sumeng atau demam. Hal ini berkaitan dengan kondisi cuaca dan juga makanan yang dimakannya. Bagi orangtua yang anaknya sering demam ada baiknya diperiksakan ke dokter, mengingat kekebalan tubuh masing-masing anak berbeda.

Sedangkan jika anak anda hanya menderita demam sesekali, beri saja antibiotik dan juga vitamin serta jaga asupan makanannya. Hindari mengonsumsi es ketika siang hari panas. Hal ini akan memicu perbedaan suhu tubuh dan menyebabkan anak menjadi demam dimalam harinya.

  1. Nyeri Gigi

Penyakit terakhir yang datang adalah sakit gigi. Wah, kenapa bisa ? anak-anak masing menggunakan gigi susu, yaitu gigi yang tumbuh pertama sejak bayi dan hal ini mungkin akan mengganggu anak anda. Nyeri pada gigi memang tidaklah enak, terutama jika anak anda baru saja tumbuh gigi.

Maka demam disertai nyeri pada gigiakan mengganggu. Untk itu berikan mainan bagi si kecil yang baru tumbuh gigi untuk mengatasi gatal dan sakit pada giginya, sedangkan bagi anak yang sudah mengalami pergantian gigi susu anda dapat memberikan susu kalsium dan juga membersihkan giginya secara rutin.

Baca Artikel Lainnya :

Karena hal ini bersifat alami anda tidak dapat mencegahnya, namun nyeri gigi akan menjadi langganan penyakit kedepannya kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *