Penyakit Kaki Gajah, Gejala dan Pencegahannya ( Filariasis )

Penyakit Kaki Gajah, Gejala dan Pencegahannya ( Filariasis ) – Anda mungkin pernah mendengar penyakit kaki gajah, yaitu suatu penyakit yang menyerang bagian anggota tubuh seseorang sehingga mengalami pembengkakan dan membesar seperti hewan gajah terutama pada bagian kaki.

1Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh cacing filarial yang dibawa oleh nyamuk dan kemudian hinggap dan menggigit tubuh kita.

Umumnya penyakit ini menyerang masyarakat yang ada di daerah tropika dan digologkan sebagai penyakit yang berbahaya namun tidak mematikan.

Penyakit kaki gajah dapat menular karena cacing yang berada pada nyamuk yang mengigit dan menghisap darah sipenderita dapat hinggap dan menggigit orang lain, sehingga orang lain tersebut akan mengalami penyakit kaki gajah.

Awal gejala penyakit kaki gajah ini hampir serupa dengan penyakit lainnya sehingga banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi cacing filarial dan tiba- tiba bagian tubuh yang digigit oleh nyamuk tersebut membengkak seperti gajah.

Gejala- gejala tersebut berupa demam yang berlangsung selama 3 hingga 5 hari yang akan terkadang muncul tiba- tiba dan tubuh akan terasa sangat lemas untuk digerakan.

Setelah gejala tersebut berlangsung lama-kelamaan bagian tubuh akan mulai membesar terutama pada bagian kelenjar getah bening hingga pada keadaan yang sangat parah pada kelenjar getah bening yang terus membengkak tersebut akan terasa sangat panas lalu akan pecah dan mengeluarkan nanah.

Penyakit kaki gajah sebenarnya dapat dicegah agar kita tidak mengalaminya yaitu dengan membiasakan untuk berperilaku hidup bersih agar cacing filarial yang merupakan sumber penyakit tersebut tidak dapat hidup dan berkembang biak.

Selain itu dengan menjaga kebersihan akan membuat nyamuk yang merupakan perantara cacing tersebut tidak akan hidup dan menggigit manusia.

Untuk mencegah terjadinya penyakit kaki gajah yang dapat membuat wabah yang besar juga dapat dilakukan dengan menjalani vaksin agar tubuh memiliki sistem imun yang lebih kuat dan tidak cepat terinfeksi oleh cacing filarial tersebut.

Penanganan penyakit kaki gajah adalah dengan membasmi dan membunuh parasit serta larva cacing yang berkembang biak di dalam tubuh si penderita sehingga pembengkakan tubuh yang dapat ditekan dan mencegah penularan terhadap orang lain.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu juga pemberian obat kaki gajah menjadi sangatpenting dilakukan berupa obat jenis Dietylkarbamasim atau DEC.

Namun, sebaiknya sebelum pembengkakan semakain parah segera periksakan ke dokter akan mendapatkan penangan lebih lanjut sehingga tidak menyebabkan penularan kepada orang lain. Oleh sebab itu perlu pemahaman mengenai penyakit kaki gajah ini agar dapat terdeteksi sejak dini sebelum menyebar dan semakin parah.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *