Penyakit yang Sering Muncul pada Tanaman

Penyakit yang Sering Muncul pada Tanaman – Tanaman juga merupakan salah satu bagian dari makhluk hidup yang memiliki siklus hidup hampir sama dengan manusia. Tumbuhan juga dapat sakit seperti manusia yang sering sakit.

Untitled

Tanaman yang anda miliki memang sudah seharusnya kita jaga dan kita pelihara karena ini merupakan salah satu bagian yang akan membantu dan memberikan anda udara yang segar ketika bangun di pagi hari. Maka ada baiknya anda selalu memberikan yang terbaik bagi tanaman anda agar menjadi lama hidupnya.

Cara Mendeteksi Penyakit Tanaman

Jika anda adalah seorang kolektor tanaman pastinya anda akan mengetahui bagaimana cara merawat tanaman dengan baik. Salah satunya adalah cara mendeteksi bahwa tanaman anda sedang mengalami penyakit atau terserang penyakit. Hal ini harus langsung di deteksi karena dapat membahayakan tanaman tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk dapat mendeteksi penyakit yang ada antara lain:

  • Lihatlah kondisi dari tanaman anda apakah masih seperti biasa atau tidak.
  • Daun yang ada pada tanaman apakah berguguran atau tidak.
  • Daun dan tanaman layu atau tidak.
  • Apakah daun pada tanaman berjatuhan.
  • Apakah daun tiba-tiba rusak.

Pada dasarnya penyakit pada tanaman dapat dengan mudah di deteksi dengan melihat keadaan yang ada pada daun. Karena daun ini akan memperlihatkan kita bagaimana kondisi yang sebenarnya sedang terjadi pada tanaman kita. Untuk dapat melihat penyakit ini sangatlah mudah karena akan terlihat jelas pada daun yang tumbuhnya mulai sudah tidak sesuai seperti biasanya. Selain itu biasanya tanaman akan sedikit terlihat lebih layu dan tidak segar lagi.

Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman

Ada beberapa penyakit yang pastinya sering menyerang tanaman, terutama tanaman yang tinggalnya pada iklim yang sering berubah-ubah. Hal ini harus segera dihindari karena akan sangat mengganggu dan juga membuat tanaman jadi mudah mati. Berikut ini adalah penyakit yang sering menyerang tanaman antara lain:

  • Patek, penyakit yang membuat tanaman menjadi membusuk dan disebabkan oleh cendawan.
  • Bercak Daun Cercospora, penyakit ini memiliki ciri-ciri daun akan timbul bercak berwarna hitam kekuningan dan penyakit ini disebabkan jamur.
  • Penyakit layu, penyakit ini disebabkan oleh beberapa cendawan dan jamur.
  • Penyakit virus kuning, daun akan tiba-tiba menguning penyakit ini disebabkan oleh adanya virus.

Setelah mengetahui beberapa penyakit yang ada pada tanaman pastinya kita akan semakin lebih berhati-hati lagi pada tanaman yang kita miliki. Hal ini dikarenakan penyakit ini juga dapat membuat tanaman kita menjadi layu dan membuat tanaman mati pada akhirnya. Kita harus selalu memberikan perawatan terbaik bagi tanaman yang kita miliki agar sesuai dengan perkembangan yang ada pada tanaman kita.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *