Penyanyi dan Penulis Lagu Iwan Fals

Penyanyi dan Penulis Lagu Iwan Fals – Virgiawan Listanto, nama asli dari Iwan Fals. Iwan Fals dilahirkan pada tanggal 3 September 1961 di Jakarta. Di umurnya yang ke 13 tahun, Iwan Fals telah menjadi musisi jalanan dan sering tampil pada acara-acara pernikahan dan kegiatan social lainnya. Iwan Fals melanjutkan studinya hingga di bangku kuliah di Sekolah Tinggi Publisistik dan Institut Seni Jakarta.

Iwan-Fals1Iwan fals dikenal sebagai penyanyi yang mampu memainkan gitar dengan baik serta mencitakan lagu-lagu yang bagus serta berisi lirik-lirik yang sangat bermakna. Untuk di awal karir bermusiknya, ketika berumur 19 tahun Iwan Fals bersama beberapa temannya membentuk grup band bernama Amburadul dan di tahun 1979 mengeluarkan album namun album ini tidak mendapatkan kesuksesan. Pada akhirnya grup bentukan ini bubar.

Di awal karir bermusik Iwan Fals sempat membuat beberapa lagu dengan lirik-lirik komedi bahkan hingga membuat beberapa album. Smua lagu di album komedi ini bertemakan situasi-situasi komedi tertentu. Namun, lagu-lagu ini hanya hits di beberapa kalangan saja. Dan akhirnya di tahun 1981, Iwan Fals digandeng label music “musica studio” dan merekam album solonya yang berjudul Sarjana Muda. Album ini berisi lagu bergendre musik county dengan single yang sangat nge-hits Guru Oemar Bakrie yang sangat terkenal dan banyak dinikmati pencinta music hingga saat ini. lagu ini bercerita tentang seorang guru yang dibayar dengan gaji yang sangat kecil tetapi tetap melakukan tanggung jawabnya untuk pendidikan dan generasi muda yang akan dating. Di dalam album ini juga terdapat beberapa lagu bergendre ballad. Dengan dibuatnya album ini nama Iwan Fals menjadi semakin terkenal dan diketahui banyak pencinta musik.

Kemudian di tahun 1982 melalui album Opini juga di bawah label Musica Studio Iwan Fals’ berhasil memiliki reputasi sebagai penyanyi yang suka memprotes. Melalui Galang Rambu Anarki yang juga merupakan nama anak pertamanya, Iwan Fals menggabungkan kebahagiaan yang ia rasakan karena kelahiran anak pertamanya dengan juga mengomentari kondisi saat itu dengan naiknya harga-harga barang. Sehingga dalam lagunya berisikan protes-protes terhadap pemerintah karena kenaikan harga barang saat itu.

Iwan Fals kembali mengeluarkan album di tahun 1983 dan 1984. Namun, untuk album di tahun 1984 beberapa lagunya tidak dimasukkan ke dalam album karena liriknya sangat Kontroversial saat itu. Seperti lagu Demikrasi Nasi dan juga Mbak Tini. Pada tahun 1989, membentuk grup bernama Swami dan di tahun 1989 dan 1990 mengeluarkan album berjudul Swami 1 dan II. Pada tahun 1990 Iwan Fals kembali mengeluarkan album Kantata Takwa dengan beberapa single diantaranya Bento dan Bongkar. Kedua lagu ini dinyanyikan ketika adanya demonstrasi yang di lakukan mahasiswa.

Hingga tahun 1994 Iwan Fals selalu mengeluarkan album setiap tahunnya selama 15 tahun. Namun, sejak tahun 1994, Iwan Fals mengurangi perilisan albumnya. Di tahun 1995, Iwan Fals hanya mengeluarkan dua single saja. Dan akhirnya di tahun 1998 Kantata Takwa mengeluarkan album kedua dan juga merupakan album terakhir.

Pada tahun 2002 mengeluarkan album solo kembali berjudul suara hati dan 2003 dengan album In collaboration with yang berkolaborasi dengan beberapa artis Indonesia. Kemudian di tahun 2004 juga mengeluarkan album berjudul Manusia setengah dewa. Pada tahun 2005 Iwan Fals’ mengeluarkan album yang berisikan lagu-lagu romantic. Di bawah Musica studio di tahun 2007 kembali mengeluarkan album yang bertemakan romans dan social criticism, salah satunya lagu pulanglah yang menceritakan kematian Munir. Di tahun 2010 dan 2011 Iwan Fals mengeluarkan album dengan empat lagu baru. Begitu banyaknya karya yang dibuat Iwan Fals hingga Iwan Fals memiliki fan club yang besar bernama OI (Orang Indonesia).

Baca juga : Seniman Musik Indonesia Ahmad Dhani

2 thoughts on “Penyanyi dan Penulis Lagu Iwan Fals

  1. Pingback: Seniman Musik Indonesia Ahmad Dhani | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *