Penyebab Adanya Mutasi DNA Manusia

Penyebab Adanya Mutasi DNA Manusia – DNA ialah salah satu unsur di dalam tubuh yang mempunyai peran penting dan berfungsi lebih. Dari DNA inipun dapat menghasilkan pengaruh yang lain seperti ketidaklancaran dalam memproses peran yang seharusnya. Atau disebut juga dengan adanya gangguan dari kinerja DNA itu sendiri, karena mengalami suatu peristiwa yang disebut dengan mutasi. Bahwasannya, mutasi DNA ini bisa saja terjadi oleh siapa saja.

1

Memang, DNA itu dibentuk dari gen yang ada di tubuh dari pembentukan deretan protein. Sehingga unsur bernama protein itu sangat penting terlebih demi keberlanjutan hidup setiap manusia. Dari protein ini yang nantinya akan membantu proses pembentukan struktur organ dan jaringan yang ada di dalam tubuh.

Begitu pentingnya protein itu untuk setiap tubuh manusia dalam menjalankan peran dan fungsinya. Akan tetapi, semua itu tak dapat berjalan dengan lancar karena berbagai sebab yang diawali dari suatu masalah seperti mutasi. Dimana mutasi ini bisa terjadi pada genetic atau DNA yang dipengaruhi dua hal utama, yaitu:

  • Faktor dari lingkungan.
  • Adanya suatu kesalahan dari pembentukan replika sel.

Bahwasannya, DNA di dalam tubuh ini mempunyai komponen utama sebagai penyusunnya yakni sitosin, timin, adenine dan guanine. Dari unsure tersebut terbentuklah kinerja DNA yang oke dan kemudian dirangkai secara terstruktur oleh kromosom. Dari kromosom inilah yang nantinya akan diberikan kepada garis keturunan selanjutnya, kurang lebih terdapat 23 pasang kromosom atau 46 kromosom.

Dalam kinerja di dalam tubuh senantiasa dibutuhkan adanya sel-sel baru dan harus ada pembaharuan. Dari tugas ini, DNA tersebut dapat menjalankannya secara mandiri sebagai proses yang disebut dengan duplikasi. Ketika proses duplikasi ini terjadi suatu kesalahan maka akan mengganggu yang lain.

Sekalipun peristiwa ini jarang terjadi namun bila hal tersebut menjadi kenyataan akan disebut dengan istilah mutasi DNA. Bila dipresentasikan dari perbandingannya, ada seratus ribu kali duplikasi dan akan terjadi setidaknya 1 kesalahan atau mutasi. Satu hal yang menarik dalam peran DNA ini ialah dapat melakukan perbaikan untuk dirinya sendiri bilamana suatu peristiwa mutasi ini terjadi.

Ada beberapa resiko yang disebabkan oleh lingkungan yang menjadikan suatu mutasi. Seperti halnya pada faktor lingkungan antaranya ialah sinar ultraviolet, tembakau hingga bahan kimia yang lainnya. Dari semua pengaruh tersebut dapat berdampak pada gangguan dari potensial yang dimiliki oleh struktur DNA.

Hal ini dikarenakan bahwa unsur tersebut merusak komponen penting yang dibutuhkan DNA untuk melakukan pembentukan sebuah struktur. Seperti contohnya ialah adanya mutagen dari bahan kimia yang menjadi masalah besar dalam duplikat dirinya sendiri.

Bilamana diteruskan lagi pada pengaruh lingkungan yang menjadikan suatu mutasi ini disebut dengan substitusi. Dari peristiwa ini terdapat beberapa jenis mutasi DNA yakni:

  • Insersi yaitu suatu keadaan dimana kode genetic tambahan telah dimasukkan. Peristiwa ini sering disebut dengan penambahan suatu unsur agar lebih baik.
  • Delesi yaitu suatu peristiwa dimana sebagian dari DNA dihapus, dalam hal ini terjadi beberapa protein yang ikut menghilang.

Adanya peristiwa mutasi DNA ini memang terlihat menakutkan, akan tetapi sekalipun hal ini bisa terjadi dengan mudah akibat dari faktor yang didapati oleh setiap individu itu, DNA tetap bisa mengatasinya dengan baik. Sehingga, peristiwa mutasi genetic ini bisa dihandle dan diselesaikan dengan lancar dan akan menjadi struktur yang berjalan dengan normal lagi.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *