Penyebab dan Akibat Jari Tangan Mengkerut

Tentunya tidak asing lagi bagi Anda dengan fenomena menarik yang terjadi saat Anda menghabiskan waktu terlalu lama di dalam air atau bersentuhan langsung dengan air. Dimana jari tangan akan maupun kaki akan mengkerut layaknya kulit keriput. Setelah Anda mengeringkannya dan tidak lagi terkena air., maka kondisi kulit Anda kembali mulus.

a 84

Mengapa kulit mengkerut pada saat terkena air?

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa jari tangan atau kaki yang mengkerut hanya mengurangi keindahan kulitnya. Namun menurut peneliti, kondisi semacam ini justru mampu menunjukkan bahwa tubuh sebenarnya sangat tanggap dan cerdas. Bukan hanya itu, tetapi kondisi ini juga memberikan suatu perlindungan lebih terhadap adanya bahaya yang kemungkinan besar muncul saat Anda berada di dalam air.

Pada dasarnya, kulit jari tangan dan juga kaki terlihat keriput setelah terkena paparan air di dalam waktu yang sangat lama. Munculnya reaksi mengkerut ini diberikan oleh tubuh sebagai sinyal jika kulit sudah menyerap air dalam jumlah terlalu banyak.

Tujuan mengkerutnya kulit jari tangan beserta kaki

Mengkerutnya jari tangan beserta kaki merupakan sebuah reaksi fisik yang memiliki 2 tujuan yakni untuk mencegah air diserap oleh tubuh terlalu banyak dan menghindarkan seseorang dari risiko tergelincir.

Hal ini dikarenakan keriput membentuk sebuah kanal yang digunakan sebagai tempat mengalirnya air saat Anda menekan ujung jari di permukaan basah. Ini yang menjadikan cengkeraman jari-jari Anda di atas permukaan basah tetap kuat meskipun lama menyentuh air.

Keriput yang menyertai rasa dingin juga bisa berbahaya

Namun, Anda patut merasa khawatir pada saat keriput muncul meskipun Anda tidak berada dalam air atau menyentuh air terlalu lama bersamaan dengan beberapa gejala yang lain seperti:

  1. Telapak tangan terasa dingin,
  2. Kuku dingin,
  3. Warna kulit tangan mengalami perubahan,
  4. Mati rasa atau kesemutan.

Baca Artikel Lainnya :

Karena dengan munculnya tanda-tanda tersebut adalah akibat dari:

  1. Anemia,
  2. Lupus,
  3. Diabetes,
  4. Frostbite,
  5. Scleroderma

Pemeriksaan dokter sangat dibutuhkan untuk mengetahui kondisi yang tubuh Anda yang sebenarnya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *