Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kadar Gula Darah Rendah

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kadar Gula Darah Rendah – Kadar gula darah rendah atau dikenal dengan Hipoglikemia adalah salah satu keadaan dimana kadar gula darah dalam tubuh mengalami ketidaknormalan atau abnormal rendah (tidak berjalan dengan baik). Kadar gula darah rendah akan menyebabkan kerusakan dan gagal fungsi pada bagian organ tubuh, terutamanya bagian otak.

1

Bagian otak merupakan bagian yang sangat penting dan bagian yang sangat peka terhadap kadar gula darah rendah  karena kadar glukosa merupakan sumber energi utama untuk dapat merespon kembali kinerja dari beberapa organ dalam. Jika anda menderita kadar gula darah rendah yang cukup parah akan mengakibatkan gangguan fungsi otak yang cukup parah.

Penyebab Hipoglikemia

Kadar gula darah rendah biasanya disebabkan, karena:

  • Terjadinya pelepasan insulin yang berlebihan oleh pankreas.
  • Terjadinya kelainan pada kelenjar adrenal (kelenjar hipofisa).
  • Terjadi kelainan pada penyimpanan karbohidarat (glukosa) atau pembentuan glukosa didalam organ hati.
  • Dosis insulin berlebihan yang diberikan bagi penderita diabetes, sehingga berdampak parah pada penderita kadar gula darah rendah.

Gejala Hipoglikemia

Gejala kadar gula darah karena melepaskan adrenalin dan kelenjar adrenal di beberapa ujung saraf, akan mengakibatkan gejala awal yang timbul seperti kecemasan, kegelisahan, gemetaran, pingsan, jantung berdebar-debar dan kadar rasa lapang. Sedangkan untuk penderita kadar gula darah yang cukup berat akan menyebabkan kepala pusing, lelah, lemah, sakit kepala, binggung, prilaku berlebihan, tidak mampu berkonsentrasi, gangguan penglihatan, kejang dan bahkan koma.

Pengobatan Hipoglikemia

Pengobatan memang sangat beragam mulai dari pengobatan dengan bahan alami, tradisional dan bahkan secara medis pun dapat bisa dilakukan dengan tepat dan benar. Namun jika hanya tampak gejala kadar gula darah rendah saja, dapat diatasi beberapa menit dengan mengkonsumsi gula dalam bentuk olahan maupun lainnya, misalnya permen atau tablet glukosa ataupun dapat juga diimbangi dengan mengkonsumsi jus buah, air gula, atau mengkonsumsi susu.

Namun apabila menderita kadar gula darah rendah yang diimbangi dengan penyakit diabetes, sebaiknya harus selalu membawa tablet glukosa  karena memberikan jumlah gula yang cukup konsiten. Dalam pengobatan ini sebaiknya harus mengimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, misalnya gandum, roti dan lainnya. Jika penderita masih berkelanjutan dalam jangka yang cukup lama, sebaiknya periksakan tau berkonsultasi ke dokter segera.

Baca juga:

Itulah informasi tengang penyebab, gejala, dan pengobatan kadar gula darah rendah semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *