Penyebab, Gejala dan Pengobatan Radang Amandel

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Radang Amandel – Radang amandel atau tonsilitis merupakan radang yang terkadi karena tonsil, sebagian besar terjadi pada anak – anak. Amandel ini juga merupakan salah satu dimana kedua kelenjar kecil yang terdapat di tenggorokan mengalami gangguan atau masalah dikarenakan terinfeksi oleh beberapa makanan yang dikonsumsinya.

1

Penyakit ini sering akan menyerang anak – anak, dikarenakan sistem kekebalan tubuh mulai mengalami peningkatan sehingga perlahan – lahan tugas amandel  sebagai penangkal infeksi mulai tergantikan. Dengan begitu akan menyebabkan gangguan tenggorokan pada anak – anak, dan disebabkan karena beberapa makanan yang mendukung dengan penyutusan dari amandel tersebut.

Penyebab tonsilitis sebagian besar disebabkan karena virus, dan bakteri yang menempel pada makanan yang dikonsumsi. Jika terkena penyakit ini akan menyebabkan gejala sakit kepala, nyeri tenggorokan, batuk dan biasanya penyakit ini akan pulih dengan sendirinya selama  4- 5 hari.

Diagnoasi Radang Amandel

Dalam mendiagnosis penyakit ini pertama kali doketr akan melakukan pemeriksaan pada bagian tenggorokan, dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan penyakit tersebut. Jika penyakit ini disebabkan oleh bakteroi akan mengalami gejala pembengkakan kelenjar getah bening dibagian tenggorokan, munculnya nanah dibagian amandel., demam,  dan batuk. Sedangkan terinfeksi oleh virus akan mengakibatkan gejala yang lebih ringan dibandingkan terkena oleh infeksi bakteri, namun disertai dengan batuk dan pilek.

Jika mengalami parah atau tingkat gejala yang berat bisa dilanjutkan dengan tes laboratorium, seperti tes darah. Biasanya dilakukan oleh dokter spesial agar dapat mempercepat dalam penyembuhan walaupun hanya bersifat sementara. Namun perlu diketahui tes laboratorium ini memiliki resiko tinggi, misalnya akan mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Pengobatan dan pencegahan radang amandel.

Secara umumnya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya sekitar 4 -5 hari bahkan 1 minggu setelah mengalami penyakit ini. Pengobatan belum ada  yang menanggani penyakit ini, jika adapun hanya dapat meringanka gejala saja misalnya ibuprpfen atau parasetamol sebagai obat perada penyakit. Selain dengan obat, pemulihan dapat juga bisa ditunjang dengan banyak istirahat dan mengkonsumsi cairan yang banyak.

Pencegahan penyakit ini bisa melakukan pencucian tangan sebelum makan dan setelah dari toilet, menggunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung saat batuk dan pilek, memakai masker berada ditempat umum dan memilih makanan yang sehat.

Baca juga :

Itulah penyebab, gejala, dan pengobatan radang amandel semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *