Penyebab Kerusakan Tanah Pertanian

Penyebab Kerusakan Tanah Pertanian – Banyak petani di Negara ini yang pada dasarnya teknik dan pengetahuan yang dimiliki dalam bidang pertanian sangat minim. Hal ini menjadi ironi, mengingat sebagian besar penduduk di Negara ini khususnya di pedesaan berprofesi sebagai petani. Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab kerusakan tanah pertanian. Karena apa yang mereka lakukan hanya berdasarkan kebiasaan.

1

Hal ini tentu tidak dapat dibiarkan, karena seperti kita tahu saat ini alam juga sudah mulai berkembang. Banyak anomaly yang terjadi khususnya dalam hal cuaca. Prediksi cuaca seperti dulu tentu sudah tidak dapat dilakukan lagi di masa kini. Seperti lingkaran dampak kerusakanini akan terus berputar dalam satu rangkaian yang tidak terputus. Pertanyaan selanjutnya adalah apa penyebab kerusakan tanah pertanian yang umum terjadi di Indonesia:

Penggunaan teknik pembudidayaan tanaman yang kurang tepat.

Ini yang menjadi masalah utama petani di Indonesia. Banyak yang tidak mengetahui bahwa untuk tanaman yang sifatnya musiman, dibutuhkan unsur hara yang lebih banyak. Sehingga jika sebelum musimnya tiba lahan ditanami jenis tanaman yang lain, maka pengolahannya harus lebih intensif dibandingkan jika tanaman bukan semusim.

Analisa yang kurang tepat dalam pembukaan lahan pertanian yang berasal dari hutan. Seringnya masyarakat hanya berpikir mencari lahan pertanian, tanpa memikirkan kelangsungan hutan. Dampaknya adalah pasokannya air menjadi berkurang. Air ini bisa dikurangi andilnya sebagai penyebab kerusakan tanah pertanian jika tanaman yang dipilih tepat.

Faktor diatas berasal dari pengetahuan yang seharusnya dimiliki oleh petani. Adapun faktor alam yang merupakan media bagi pertanian juga bisa menjadi penyebab kerusakan tanahpertanian, yaitu dalam hal:

Faktor alam 

Dalam faktor ini, ada dua hal penting yang perlu dijadikan perhatian, yaitu : kondisi geografis dan curah hujan. Perpaduan dua kondisi ini salah satunya dapat menyebabkan erosi. Air hujan sendiri juga memiliki kontribusi besar dalam mengubah struktur tanah. Dengan erosi tentu banyak unsur kimiawi alami tanah menjadi hilang

Tanah yang tercemar 

Limbah yang mencemari tanah bisa berasal dari bermacam-macam sumbernya. Bisa karena faktor eksternal dari lahan dimaksud, bisa karena faktor petani sendiri. Yaitu penggunaan pestisida yang berlebihan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *