Penyebab Kita Berkeringat Saat Tidur

Kita semua pasti pernah merasakan berkeringat saat tidur. Biasanya berkeringat saat tidur terjadi ketika malam hari pada saat udara sedang dingin.

Berkeringat saat tidur biasanya terjadi karena dua faktor, yaitu faktor internal dan juga faktor eksternal. Apa saja faktor- faktor tersebut? Berikut penjelasannya.

s 110

  1. Udara malam yang dingin merupakan salah satu alasan kita berselimut saat tidur. Dan semakin dingin udara, semakin tebal pula selimut yang kita gunakan agar keadaan tubuh kita tetap hangat. Namun terkadang saat malam semakin larut, terkadang selimut yang kita gunakan justeru menjadikan suhu tubuh kita menjadi naik dan membangunkan kita dari tidur dengan banyak keringat keluar. Jadi sabaiknya, sebelum tidur kita harus memilih selimut yang tebalnya sesuai dengan suhu sekitar kita. Karena jika salah selimut justeru akan mengganggu waktu istirahat kita. Selain itu, berkeringat saat tidur biasanya juga terjadi karena sirkulasi pada ruangan tempat kita tidur kurang memadai untuk pertukaran udara. Sehingga menjadikan udara di ruangan tempat kita tidur menjadi panas dan pengap.
  2. Mengenakan pakaian tidur yang tidak nyaman atau terlalu ketat sehingga mengganggu pernafasan dan ruang gerak kita. Itulah kenapa ketika kita hendak tidur lebih disarankan mengenakan pakaian yang longgar agar kita lebih leluasa saat bernafas ataupun bergerak.
  3. Penyebab kita berkeringat saat tidur lainnya juga sering kita alami ketika kita mengalami mimpi buruk. Seperti misalnya kita bermimpi sedang berlari karena dikejar oleh sesuatu yang menyeramkan dan akhinya terbangun dengan berkeringat. Selain itu, berkeringat saat bangun tidur juga biasa terjadi ketika kita sedang cemas akan sesuatu. Seperti misalnya kita cemas memikirkan keadaan besok hari yang menurut kita tidak menguntungkan untuk kita. Saking cemasnya kita, terkadang kecemasan tersebut terbawa sampai ke dalam tidur dan menjadi mimpi buruk. Selain cemas, berkeringat saat tidur biasanya juga terjadi ketika kita sedang dalam keadaan stess, panik, ataupun dalam keadaan takut akan sesuatu.
  4. Hal lain yang biasanya menyebabkan kita berkeringat saat bangun tidur atau saat sedang tertidur adalah gangguan saraf. Hal ini karena saraf berperan sangat penting dalam proses pengeluaran keringat. Biasanya, gangguan saraf memiliki indikasi kepada penyakit lain yang akan mengikutinya. Seperti misalnya penyakit stroke yang disebabkan oleh gangguan saraf pada otak karena pecahnya pembuluh darah.
  5. Berkeringat saat tidur biasanya juga terjadi ketika kita mengkonsumsi obat- obatan sebelum tidur.
  6. Hal yang paling umum yang menyebabkan kita berkeringat saat tidur adalah kita terkena infeksi suatu virus yang membawa penyakit seperti demam, influenza, TBC, HIV, bahkan kanker dan penyakit- penyakit yang lainnya..

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan kita berkeringat sewaktu tidur. Dan secara umum, berkeringat sewaktu tidur adalah sesuatu yang normal dialami oleh setiap orang.

Namun jika itu terjadi terlalu sering ataupun hampir setiap hari, lebih baik kita juga memerhatikan faktor- faktor penyebab lainnya dan mulai berkonsultasi kepada dokter. Semoga bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *