Penyebab Lahan Sawah Beralih Fungsi Menjadi Bangunan

Penyebab Lahan Sawah Beralih Fungsi Menjadi Bangunan – Sawah merupakan sebuah kawasan yang luas yang menjadi tempat untuk menanam padi. Padi ini nantinya yang akan menjadi beras yang sangat dibutuhkan oleh banyak manusia. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki lahan sawah yang luas. Terutama di pulau Jawa dan pulau Bali banyak sekali terdapat lahan sawah. Bahkan beberapa lahan sawah ini sekarang sering menjadi tempat untuk berwisata. Banyak orang yang tertarik untuk berwisata di lahan sawah karena mereka dapat semakin merasakan suasana alam. Selain itu mereka dapat mempelajari bagaimana memproduksi sebuah beras.

as

Sayangnya kini banyak lahan sawah yang sudah dijadikan bangunan yang membuat lahan sawah tersebut hilang. Beberapa penyebab yang membuat lahan sawah ini beralih fungsi antara lain:

  1. Semakin meningkatnya bisnis properti.
  2. Kebutuhan lahan yang terus meningkat.
  3. Semakin menurunnya penghasilan petani sehingga mereka menjual lahannya.
  4. Berkurangnya permintaan beras dari dalam negeri.

Seperti yang anda ketahui, kini bisnis properti sedang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini membuat banyak pengembang properti ini membutuhkan lahan yang luas untuk membangun bangunan. Tidak hanya di kota besar, bisnis ini sudah mencapai daerah kecil yang membuat pengembang harus membeli sejumlah lahan sawah. Lahan sawah ini nantinya yang akan dibangun menjadi sebuah perumahan. Dengan adanya pembangunan ini tentu saja semakin mengurangi lahan sawah yang ada.

Cuaca yang tidak menentu sekarang ini dapat membuat petani dan pemilik lahan sawah merasa kesulitan. Mereka kesulitan karena panen yang tidak dapat ditentukan juga. Hal ini membuat mereka sering mengalami kerugian. Hal ini yang membuat mereka akhirnya menjual lahan sawah mereka karena ingin beralih ke usaha lain.

Biasanya hal seperti ini banyak dilirik oleh beberapa orang yang sedang ingin membangun bangunan. Biasanya lahan sawah ini juga dapat dibangun menjadi tempat wisata. Dengan adanya pengalihan fungsi lahan sawah ini tentunya juga akan berpengaruh pada produksi beras dalam negeri. Indonesia akan semakin sulit mendapatkan beras hasil produksi dalam negeri.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *