Penyebab Penyakit Anemia

Kamu sering merasa tiba- tiba pusing dan kunang-kunang? selain itu wajahmu terlihat tidak segar dan pucat? Bisa jadi kamu terkena anemia.

Anemia atau yang disebut penyakit kekurangan darah merah merupakan suatu kondisi dimana sel darah merah atau yang disebut juga sebagai hemoglobin berada pada kisaran dibawah normal.

q 145

Seperti yang diketahui, sel darah merah berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru- paru untuk kemudian diedarkan keseluruh tubuh. Anemia dapat diderita pada orang yang memiliki tekanan darah rendah.

Hal ini disebabkan karena sel darah merah diproduksi lebih rendah di dalam tubuh sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan sel darah merah yang seharusnya terbentuk tersebut.

Sel darah merah atau hemoglobin memiliki peran tersendiri didalam tubuh, yaitu sebagai media penghantar nutrisi-nutrisi atau zat gizi dan oksigen keseluruh bagian tubuh manusia.

Oksigen tersebut berfungsi untuk prosese fisiologis dan biokomia sehingga apabila oksigen tersebut tidak berada pada jumlah yang cukup maka seseorang akan cepat mengalami anemia. Sedangkan apabila nutrisi atau gizi tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh tentu akan meyebabkan tubuh menjadi kurang sehat dan rentan terkena penyakit.

Timbulnya anemia pada seseorang disebabkan oleh asupan makanan atau minuman yang kurang cukup dan tidak teratur terutama dari sumber makanan atau minuman yang mengandung sumber zat besi.

Zat besi tersebut merupakan suatu zat yang sangat berperan terhadap pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Jadi, apabila seseorang tersebut kekurangan asupan zat besi maka sel darah merah akan sedikit diproduksi di dalam tubuhnya.

Seseorang yang mengalami gejala anemia umumnya sering menderita pusing mendadak dan rasa lemas. Selain itu penderita anemia juga akan terlihat pucat. Penyakit anemia akan terdeteksi dari warna kuku dan warna bagian dalam pada bawah mata.

Apabila berwarna merah muda hingga putih maka dipastikan seseorang tersebut mengalami anemia. Karena apabila jumlah sel darah merah cukup pada tubuh, organ- organ tersebut akan terlihat segar.

Banyak makanan serta minuman yang mampu berkhasiat mencegah dan mengobati penyakit anemia tersebut. Mengkonsumsi sayuran dan buah- buahan merupakan langkah tepat untuk mengatasi anemia terutama sayuran- sayuran hijau seperti daun papaya, singkong, kangkung, bayam, wortel serta pada buah- buahan seperti buah bit.

Makanan- makanan tersebut mengandung banyak zat besi yang berperan terhadap pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Baca Artikel Lainnya :

Apabila tubuh kita memiliki sel darah merah yang cukup maka segala sirkulasi oksigen dan nutrisi akan berjalan normal dan lancer ke seluruh tubuh dan kita akan menjadi fit dan bugar dalam beraktivitas.

 

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *