Penyebab Terjadinya Diare

Penyebab Terjadinya Diare – Musim hujan seperti saat ini, sangat rawan sekali untuk mengalami diare.

Sanitasi yang kurang baik, ditambah pola makan yang buruk membuat anda beresiko untuk terserang diare. Gejala awal diare biasa diawali dengan rasa mulas yang sangat hebat dibarengi dengan rasa mual dan pusing.

eda

Orang yang menderita diare,biasanya tidak bisa mengontrol saat buang besar. Mereka bisa buang air besar 5 sampai 10 kali sehari dengan tinja berbentuk cair. Apabila dibiarkan tanpa penangganan, mereka bisa kehabisan cairan atau dehidrasi.

Penyebab diare bisa karena beberapa hal. Di antaranya adalah sebagai  berikut :

  1. Infeksi bakteri atau virus

Diare paling sering disebabkan oleh virus dan juga bakteri. Bakteri yang bercampur dimakan seperti Salmonella dan juga Ecoli biasa terdapat pada makanan seperti ayam dan daging.

Maka dari  itu, ketika masak ayam harus dipastikan matang sempurna sehingga bakteri tersebut juga ikut mati.

Untuk virus, ada virus yang bernama Norovirus yang sering menyebabkan diare. Virus ini akan merusak permukaan dinding usus yang menyebabkan sel selaput lender tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya yang berakibat pada timbulnya diare.

  1. Keracunan makanan

Keracunan makanan juga memicu terjadinya diare. Makanan yang tidak segar dan makanan yang diolah dengan cara salah justru akan membuat kita keracunan.

Gejala awal keracunan makanan biasanya dimulai dengan kepala terasa pusing, muntah dan akhirnya diare.

Makanan seperti kerang dan udang apabila tidak diolah dengan benar sangat berpotensi menyebabkan diare.

Maka dari itu, ada baiknya benar-benar tahu makanan yang masuk ke perut kita berasal dari mana dan bagaimana mengolahnya supaya kita terhindar dari keracunan makanan.

  1. Obat-obatan

Orang yang sedang menjalani kemoterapi sangat beresiko untuk mengalami diare. Obat-obatan yang ia konsumsi selain membunuh virus dan bakteri yang menyebabkan penyakitnya, juga sekaligus membunuh bakteri baik yang ada di pencernaan sehingga mereka biasanya akan mengalami muntah-muntah dan juga diare pada saat menjalani kemoterapi.

Baca Artikel Lainnya :

Itulh beberapa factor penyebab terjadinya diare. Dengan kita memerhatikan setiap makanan yang kita konsumsi, semoga kita bisa terhindar dari penyakit ini.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *