Penyebab Terjadinya Gerhana Matahari Total

Penyebab Terjadinya Gerhana Matahari Total – Gerhana proses alam yang berkaitan dengan astronomi. Gerhana sering kita kaitkan dengan 2 macam yakni gerhana bulan dan gerhana matahari.

Untitled

Proses gerhana dalam ilmu astronomi adalah proses dimana suatu benda angkasa menutupi benda yang lain, sedangkan kalau kita kaitkan dengan gerhana matahari berarti posisi bulan berada di antara Bumi dan matahari, sehingga dalam kondisi ini, sinar matahari akan tertutupi oleh bulan yang akan mengakibatkan sinar matahari tidak sampai di bumi.

Oleh karena itu dengan adanya gerhana matahari, nanti bumi akan seperti malam dengan kondisi gelam gulita di siang hari.

Dibawah ini adalah hal-hal yang penyebab terjadinya gerhana matahari Total :

  1. Dinamisnya pergerakan Bulan, Matahari, dan Bulan

Dalam website Lapan dan bmkg menyebutkan tentang salah satu proses terjadinya gerhana matahari total, bahwa ketidaksetabilnya putaran bumi terhadap matahari dan bulan merupakan salah satu penyebebab terjadinya gerhana matahari.

Pada umumnya bentuk gerhana matahari total adalah merupakan proses gerhana matahri puncak. Gerhana matahari sendiri terdiri dari berbagai macam seperti gerhana matahari cincin dan sebagian.

Dari namanya tentu kita sudah mengerti bagaimana nantinya bentuk gerhana yang akan menyelimuti matahari.

  1. Piringan bulan menutupi piringan matahari

Gerhana matahari merupakan fenomena yang tidak bisa diprediksi. Banyak sebagian dari kita mungkin kurang begitu memperhatikan tentang terjadinya fonemena alam tersebut dan bagi pembaca yang belum pernah tahu tentang terjadinya Gerhana matahari.

BMKG sudah memberikan data tentang prediksi Gerhana matahari yang akan terjadi. Dalam webnya terdapat informasi bahwa pada tanggal 9 maret 2016 akan terjadi gerhana matahari total.

Tentunya gerhana matahari total ini mempunyai wilayah cakupan yang berbeda-beda, karena sifatnya mennyeluruh maka gerhana matahari total yang akan terjadi ini akan menyelimuti Indonesia di lebih ¾ wilyah .

  1. Adanya Fase bulan baru

Gerhana matahari adalah fenomena alam yang bisa kita amati dengan mata secara langsung. Gerhana matahari merupakan fenomena alam maka sebagai manusia yang mempunyai banyak keterbatasan tidak  bisa meprediksi secara tepat decara continue.

Ilmu astronomi mempelajri tentang terjadinya gerhana dan cirri-ciri penyebab sebelum terjadinya gerhana matahari.

Baca Artikel Lainnya :

BMKG yang tentunya berkodinasi dengan negara-negara lain hanya sekedar memberikan informasi tentang data akan terjadinya gerhana dan memberikan informasi tentang bagaimana dampaka maupun sikap yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk mensikapi fenomena alam tersebut.

Demikian 3 penyebab terjadinya gerhana matahari total. Kita harus selalu mencari informasi dan melihat berita agar mengetahui keadaan cuaca terkini.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *