Penyebab Terjadinya Infeksi saluran Kemih

Banyak dari kasus Infeksi Saluran Kemih terjadi dikarenakan oleh bakteri Escherichia coli atau biasa dibilang E. coli, yang pada umumnya bereaksi atau hidup di dalam organ usus besar dan sekitar anus manusia.

g 80

Telah diperkirakan bahwa bakteri ini dapat dengan mudah masuk ke dalam uretra manusia, dikarenakan manusia tersebut kurang baik dan kurang disiplin dalam pembersihan setelah melakukan buang air kecil dan besar.

Seperti contoh, jika kertas toilet yang biasa digunakan sebagai untuk membersihkan anus lalu secara  tak sadar dan perduli menyentuh juga pada alat kelaminnya.

Nah.. ketika itulah bakteri jahat mulai masuk ke dalam saluran kemih. Peristiwa yang seperti ini, sangat rentan dialami oleh wanita, karena telah kita ketahui bahwa jarak uretra dengan anus pada tubuh wanita lebih dekat dari pada jarak anus dan kelamin pada pria.

Dari berbagai pembahasan di atas, berikut beberapa orang yang berisiko terkena infeksi saluran kemih:

  1. Wanita yang sedang mengalami kehamilan
  2. Wanita yang telah mengalami menopause
  3. Pada pria yang mengalami batu ginjal / bengkaknya kelenjar prostat
  4. Kaum wanita yang jika melakukan hubungan intim menggunakan kondom berlapis spermisida.
  5. Orang yang biasa menggunakan alat bantu buang air kecil atau kateter.
  6. Orang yang mengalami kelainan atau cacat lahiriah.
  7. Wanita yang terbiasa dalam menggunakan alat kontrasepsi diafragma
  8. Seseorang sudah tidak benar-benar mampu dalam mengontrol buang air besar, seperti para lansia.

Secara ringkas telah dilakukan penelitian yang diketahhui bahwa Infeksi Saluran Kemih  juga terjadi karena disebabkan dari iritasi yang dilakukan oleh setiap pasangan setelah berhubungan intim, dengan akibat terganggunya kemampuan dalam kinerja pengosongan seni/urin dalam kondisi tertentu.

Baca Artikel Lainnya :

Karena jika Urin yang tertampung sangat lama dalam kantung kemih sangat memberi peluang bagi bakteri jahat dalam berkembang biak.

Demikian artikel kali ini yang membahas penyebab terjadinya infeksi saluran kemih, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dalam menambah informasi terkait kesehatan tubuh yang baik.

Sekian terima kasih.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *