Penyebab Terjadinya Kanker Kulit Dan Bagaimana Mengatasinya?

Penyebab Terjadinya Kanker Kulit Dan Bagaimana Mengatasinya? – Kanker kulit merupakan pertumbuhan sel kanker yang tidak wajar pada kulit. Umumnya masyarakat tidak mengetahui gejala awal munculnya penyakit ini dalam tubuhnya karena gejala awal kanker kulit memang hanya seperti kutil atau daging tumbuh biasa.

3

Kanker kulit muncul oleh beberapa penyebab. Di antaranya adalah :

Sering terpapar matahari

Orang sering beraktivitas di luar ruangan akan cenderung lebih beresiko terkena penyakit ini. Paparan sinar matahari secara langsung memungkin mereka untuk teradiasi sinar UV yang akan memicu tumbuhnya sel kanker terutama kanker kulit dalam tubuh kita.

Maka dari itu, apabila anda sering beraktifitas diluar ruangan, sebaiknya anda menggunakan pelindung seperti topi ataupun sunblock.

Kekurangan melanin

Melanin adalah zat warna yang ada dalam tubuh kita. Selain itu melanin juga berperan melindungi tubuh kita dari paparan sinar Ultra Violet.

Orang yang kekurangan melanin atau  albino, maka hampir semua bagian tubuhnya akan berwarna putih termasuk rambutnya dan resiko mereka untuk terkena kanker kulit jauh lebih besar.

Genetik

Orang yang memiliki riwayat keluarga penderita kanker kulit, akan beresiko atau berpotensi terkena penyakit itu juga.

Maka sebaiknya, anda sesegera mungkin untuk memeriksa penyakit tersebut supaya bisa ditangani lebih cepat.

Nah, sekarang adakah cara mengatasi penyakit tersebut? Berikut ulasan bagaimana cara mengatasi kanker kulit.

  1. Operasi

Operasi dilakukan untuk mengeluarkan sel kanker kulit yang ada di tubuh anda yang biasanya berbentuk seperti kerak.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi dilakukan jika kanker kulit anda derita belum terlalu parah sehingga tidak perlu dilakukan tindakan pembedahan.

Saat kemoterapi dokter biasanya akan member anda salep ataupun obat yang harus anda minum.

  1. Laser

Laser ini dilakukan jika pasien tidak menginginkan untuk melakukan operasi dan meninggalkan bekas luka ditubuhnya. Akan tetapi pengobatan dengan metode ini masih lumayan mahal.

  1. Pembekuan (cryosurgery)

Yang dimaksud pembekuan disini adalah pembekuan sel kanker dengan menggunakan larutan nitrogen cair  sehingga sel kanker akan mati dan tidak bisa berkembang lagi.

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah ulasan tentang penyebab kanker kulit dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan yaa…

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *