Penyebab Terjadinya Kanker Ovarium

Penyebab Terjadinya Kanker Ovarium – Kanker ovarium atau kanker indung telur adalah sel kanker yang menyerang organ reproduksi wanita.

Gejala awal wanita yang mengidap penyakit ini biasanya siklus menstruasi yang tidak teratur dan juga pendarahan hebat saat mentruasi.

3

Jika gejala tersebut dibiarkan, maka akan sangat beresiko apabila baru menyadari adanya kanker ovarium pada stadium lanjut.

Sebenarnya, apakah yang menyebabkan terjadinya kanker ovarium pada wanita? Berikut ulasannya.

  1. Genetic

Seorang wanita yang memiliki riwayat keluarga mengidap penyakit kanker ovarium, maka ia lebih beresiko untuk terkena kanker ovarium juga.

  1. Usia

Kanker ovarium atau kanker indung telur biasanya menyerang wanita berusia di tasa 50 tahun. Yaitu wanita yang sudah menopause atau sudah berhenti siklus menstruasinya.

  1. Sejarah reproduksi

Wanita yang mendapatkan menstruasi sebelum usia 12 tahun, lebih beresiko terkena penyakit ini dibandingkan dengan wanita yang mendapatkan menstruasi pada usia di atas 12 tahun.

Semakin banyak siklus mentruasi yang dilalui maka akan semakin beresiko pula terkena penyakit ini.

Selain itu, wanita yang tidak atau belum mempunyai anak juga lebih beresiko terkena penyakit ini dibandingkan mereka yang sudah mempunyai anak. Wanita yang memiliki anak setelah usia 30 juga beresiko terkena kanker ovarium.

  1. Obesitas

Wanita yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan memiliki resiko terkena kanker ovarium yang tinggi.

Hal ini karena gerak meraka terbatas dan cenderung malas bergerak sehingga membuat tubuhnya rentan terserang penyakit.

  1. Terlalu sering terpapar polutan

Wanita yang bekerja di pabrik memiliki kecenderungan terkena kanker ovarium lebih besar dibanding wanita yang bekerja di kantor atau di rumah.

Hal ini karena, polutanyang dihasilkan parik tersebut, akan masuk ke dalam tubuh sehingga memicu munculnya sel kanker ovarium.

Baca Artikel Lainnya :

Nah, itulah beberapa factor yang menyebabkan terjadinya kanker ovarium pada wanita. Semoga dengan membaca artikel ini, para wanita lebih bijak dalam menjaga kesehatan sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit khususnya kanker ovarium. Selamat membaca..

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *