Penyebab Terjadinya Kanker Paru-Paru

Sebagian besar kasus kanker paru-paru terjadi pada perokok, baik itu perokok aktif maupun perokok pasif. Yang dimaksud perokok pasif disini adalah orang-orang yang terkena paparan asap rokok, meskipun ia sendiri tidak merokok.

Menurut beberapa sumber studi ilmiah, justru perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif. Sebab, kandungan dalam asap rokok beberapa kali lipat lebih tinggi daripada bentuk batangannya (sebelum dinyalakan).

l 44

Penyebab kanker paru-paru lainnya dapat Anda simak melalui penjelasan berikut ini.

1. Kebiasaan merokok

Seperti yang dijelaskan di awal, bahwa perokok adalah kelompok yang paling berisiko terkena kanker paru-paru. Kandungan berbahaya di dalamnya, seperti nikotin yang digunakan untuk keperluan insektisida, dan tar yang digunakan untuk pembuatan aspal tentunya sangat berbahaya apabila sampai masuk ke dalam tubuh manusia.

Pada fase awal, kerusakan yang diakibatkan oleh rokok dapat diatasi oleh sistem tubuh sendiri. Namun, seiring dengan meningkatnya intensitas seseorang dalam merokok akan menyebabkan kerusakan parah pada jaringan paru-paru, dan jaringan tubuh lainnya.

Kerusakan parah inilah yang menyebabkan sel-sel paru tidak dapat bekerja secara normal sehingga muncul sel kanker.

2. Polusi udara

Berdasarkan data WHO, Asia Tenggara menyumbang polusi udara terbesar kedua di dunia. Risiko terkena kanker paru-paru jelas akan meningkat karena udara yang kita hirup bukanlah udara bersih, terlebih merupakan udara yang sudah tercemar cukup parah dengan asap kendaraan dan pabrik.

Data mengatakan bahwa 1 dari 100 kematian karena kanker paru-paru disebabkan oleh tingkat polusi udara yang tinggi. Kondisi ini sama buruknya dengan perokok pasif, bahkan bisa lebih buruk tergantung tingkat polutan yang terdapat pada udara.

3. Paparan di tempat kerja

Beberapa jenis pekerjaan memiliki risiko terkena kanker paru-paru yang tinggi. Misalnya, pegawai yang terpapar senyawa kimia yang bersifat karsinogenik seperti batu bara, nikel, asbes, arsenik, dan silika. Mereka memiliki risiko terkena kanker paru-paru yang lebih tinggi.

4. Paparan radiasi

Udara yang kita hirup tidak 100% merupakan oksigen. Di dalamnya terdapat senyawa lain seperti karbon dioksida dan karbon monoksida. Juga unsur-unsur lain seperti nitrogen, karbon, dan… radon.

Radon adalah salah satu anggota unsur radioaktif yang muncul secara alami dan berasal dari tanah dan batuan dalam jumlah yang sangat sedikit.

Baca Artikel Lainnya :

Meski begitu, jika gas ini sampai terhidup sedikit saja dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan paru-paru sehingga berisiko terkena kanker paru-paru.

Perlu Anda ketahui bahwa gas radon ini dapat berpindah melalui tanah. Juga bisa masuk ke dalam rumah melalui pipa, saluran air, pondasi, dan lubang terbuka yang terhubung dengan tanah lainnya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *