Penyebab Terjadinya Pergantian Waktu Musim Panas dan Musim Dingin

Sepanjang tahun, musim datang silih berganti sesuai dengan kondisi iklim suatu negara. Di Indonesia sendiri, hanya ada dua musim yaitu musim panas dan musim dingin atau musim hujan.

c 25

Sementara, di negara-negara lain terutama yang beriklim sedang ada 4 musim yang berbeda. Seperti yang Anda ketahui, ada musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi.

Apakah Anda tahu apa yang menyebabkan pergantian musim ini? Bagi yang kepingin tahu lebih dalam, baca terus ringkasan kami berikut ini yuk:

Posisi matahari

Sebagai pusat dari tata surya, matahari turut memegang peranan penting dalam pergantian waktu. Bukan hanya 24 jam dalam sehari, tapi juga pergantian musim setiap 6 bulan sekali. Pergeseran matahari menyebabkan perbedaan musim panas dan musim hujan di berbagai belahan bumi.

Kondisi angin

Di sisi lain, kondisi angin pun turut mempengaruhi pergantian musim di suatu daerah. Misalnya, pada bulan Juli. Bulan Juli di daerah belahan bumi selatan adalah saatnya berhembus angin musim tenggara pemicu musim kemarau di Indonesia bagian Jawa dan Australia bagian utara.

Angin ini akan terus berhembus melewati samudera dan akan membawa uap air hingga menyebabkan musim hujan di daerah India serta negara-negara di Asia Tenggara.

Agar lebih jelas, simak tabel berikut:

Tabel keadaan musim di permukaan bumi

Tanggal

Belahan Bumi Selatan

Belahan Bumi Utara

21 Maret – 21 Juni

Musim gugur

Musim semi

21 Juni – 23 Sept

Musim dingin

Musim panas

23 Sept – 22 Des

Musim semi

Musim gugur

22 Des – 21 Maret Musim panas

Musim dingin

Baca Artikel Lainnya :

Musim dingin di kawasan bumi selatan

Pada tanggal 21 Juni dan seterusnya, di bagian bumi selatan sedang berlangsung musim dingin karena matahari sedang berada di balik belahan bumi lainnya, yaitu di bumi bagian utara. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya musim panas di bumi bagian utara.

Jika direnungkan, kondisi musim yang bisa dipelajari dapat memberikan banyak manfaat positif bagi manusia. Seperti dalam bidang transportasi, navigasi, perkebunan dan industri wisata. Bagaimana, sudah paham apa saja penyebab pergantian waktu musim panas dan musim dingin di berbagai belahan bumi? Catat informasi di atas baik-baik ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *