Penyebab Terjadinya Sesak Napas Tengah Malam

Penyebab Terjadinya Sesak Napas Tengah Malam – Seseorang yang merasakan kesulitan bernafas atau ketidaknyamanan ketika bernafas bisa disebabkan oleh berbagai macam hal.

Untitled

Untuk penyebabnya sendiri memang sangat banyak, oleh karena itu dibutuhkan adanya pemeriksaan secara langsung dan lengkap oleh pihak medis/ dokter.

Akan tetapi sesak napas ini pada dasarnya bisa disebabkan oleh adanya gangguan di dalam sistem pernapasan seperti hidung, paru-paru maupun tenggorokan atau gangguan yang asalnya dari luar paru-paru seperti lambung dan jantung.

Penyebab sesak napas malam hari

Kegawatdaruratan sebab sesak napas di malam hari bisa disebabkan oleh:

  1. Asma seperti batuk dan mengi.
  2. Infeksi paru atau pneumonia yang berupa panas, batuk dan sesak napas.
  3. Alergi seperti pembengkakan di tenggorokan yang mengakibatkan terjadinya sumbatan atau riwayat mengkonsumsi makanan yang mengakibatkan alergi seperti kacang, seafood, telur dan lain sebagainya.
  4. Sakit jantung.
  5. Trauma dada akibat kecelakaan yang mengenai dada maupun riwayat benturan terlalu keras di bagian dada, kerusakan di area dada, nyeri dada, patah tulang maupun perdarahan.

Kondisi psikologis juga sebabkan sesak napas

Bukan hanya dari kelainan organik, namun Anda juga perlu mengetahui apakah ada kondisi psikologis yang sekiranya mengalami gangguan.

Sesak napas bisa juga disebabkan oleh gangguan psikologis seperti panik, cemas, depresi, stres dan berbagai macam emosi negatif yang lainnya. Saat memang tidak terdapat masalah organik apapun, maka masalah psikologis perlu dipikirkan. Bisa juga merupakan kondisi kedua penyebab tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Maka dari itu akan lebih baik jika Anda tetap melakukan konsultasi serta rutin kontrol ke dokter agar dilakukan pemeriksaan secara langsung sekaligus wawancara medis secara lebih mendalam.

Sehingga diagnosis bisa diperjelas mengenai kelainan yang sedang Anda alami. Kemungkinan dibutuhkan tindakan pemeriksaan penunjang layaknya rontgen paru. Saat Anda berkunjung ke dokter lain (baru), lebih baik Anda menceritakan riwayat kesehatan atau pemeriksaan Anda secara lengkap. Termasuk juga riwayat di pengobatan yang pernah Anda jalani.

Dengan begitu pihak dokter bisa melakukan penanganan yang lebih tepat. Bisa juga Anda coba kunjungi dokter Anda yang sebelumnya guna melakukan pemantauan lanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *