Penyebab Terserang Sariawan

Hampir kebanyakan orang pernah mengalami yang namanya sariawan, mulai dari anak kecil hingga orang yang sudah lanjut usia. Sariawan disebabkan oleh jamur Candida Albicans. Daya tahan tubuh menurun ketika terserang sariawan karena nafsu makan menurun. Berikut penyebab sariawan:

p 94

  1. Rogga Mulut Tergigit

Adakalanya ketika mengunyah makanan, kita tidak sengaja menggigit lidah,  mulut maupun pipi bagian dalam. Kejadian tersebut menjadi sala satu pemicu seseoang terserang sariawan.

  1. Kekurangan vitamin C, B12 dan Zat Besi

Sering sekali seseorang yang kekurangan Vitamin C, B12 dan Zat besi akan mengalami sariawan, bahkan sariawannya akan semakin parah. Oleh karena itu di anjurkan mengkonsumsi ketiga mineral tersebut secara teratur setiap hati.

  1. Bakteri, kuman dan plak di mulut

Menjaga kebersihan itu wajib, apalagi di bagaian area mulut, karena dapat menimbulkan penyakit yaitu salah satunya sariawan. Membersihkan gigi secara teratur, menggosok gigi 3 kali sehari dengan pasta gigi dan cara menggosoknya dengan benar, akan mengurangi bakteri, kuman dan plak sehinga kemungkinan seseorang terkena sariawan akan lebih kecil.

  1. masalah psikologi

Ketika seseorag mengalami masalah psikologi seperti stress dan depresi ternyata dapat menimbulkan infeksi di mulut sehingga muncul sariawan. Oleh karena itu, disarankan seseorang merileksasikan pikirannya, dan tidak mudah panik ketika seseorang merasa stress dan depresi mulai muncul.

  1. Kanker mulut dan kangker rongga mulut

Kanker mulut dan kangker rongga mulut salah satu cirinya dalah adaya sariawan yang berpindah – pindah dan besarnya tidak wajar serta dalam jangka waktu yang lama. Disarankan, jika anda mengalami hal tersebut berkonsultasi kedokter sebelum keadaan semakin parah.

  1. Dinding pembuluh kapiler mengalami pendarahan

Ketika dinding pembuluh kapiler mengalam pendarahan akan terjadi sariawan dibagian rongga mulut.

  1. Hemofilia

Hemofila merupakan salah satu penyakit langka genetis yang salah satu tandanya adalah sariawan selain pendarahan yang tidak normal.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Pemasangan Bracket dari Kawat Gigi

Ketika seseorang melakukan pemasangan kawat gigi untuk perawatan gigi, sering sekali mereka akan mengalami yang namanya sariawan karena adanya infeksi di bagian gusi dan rongga mulut efek dari bracket kawat gigi.

Demikian penyebab seseorang menderita sariawan. Semoga bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *