Peran dan Fungsi Unsur Nitrogen (N) pada Tanaman

Peran dan Fungsi Unsur Nitrogen (N) pada Tanaman – Nitrogen adalah salah satu unsure yag sangat penting untuk tanaman. Sumber utama dari N ini adalah N bebas yang berada di atmosfer dengan persentase hamper 78 % volume dan jug bersumber dari  semua senyawa  yang berada di dalam jasad. Didalam tanah N sangat sulit sekali ditemukan karena N memiliki sifat yang sangat mudah larut dalam air.

a

Secara umum unsure N diserap oleh tanaman dalam bentuk NO3 dan NH4+ Yang masuk menjadi gas amino dan Protein.  Ada juga bentuk N namun hanya dalam tanah mineral, yaitu nitrogen organik, yang bersimbiosis atau berinteraksi dengan humus tanah ; sementara itu nitrogen amonium dapat diikat oleh mineral lempung tertentu, dan amonium anorganik dapat larut dan senyawa nitrat.

N yang tersedia didalam tanah tidak dapat langsung digunakan oleh tanaman, banyak proses yang harus dilewati dahulu. Pada ondisi tanah yang imobilitanya rendah, N yang ditambahkan akan beraksi dahulu dengan pH tanah yag snagat mempenngaruhi proses N. dalam proses ini juga terjadi proses denitrifikasi yang mana proses ini juga sagat tergantung dari mikroba tanah yag secara umum lebih menyukai senyawa dalam bentuk ion ammonium dai pada ion dalam bentuk nitrat.

Sebenarnya unsure N memiliki banyak fungsi untuk tanaman, antara lain sebagai berikut :

  1. Dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman,
  2. Dapat meningkatkan  kadar protein dalam tanah,
  3. Dapat meningkatkan tanaman sayur mayur yang diproduksi dedaunannya
  4.  Dapat meningkatkan kativitas organism di dalam tanah
  5. Berfungsi dalam proses  sintesa asam amino dan protein di dalam tanaman

Sedangkan tanaman yang kekurangan unsure N memiliki gejala atau ciri : pertumbuhannya yang lambat bahkan tanaman bisa mejadi kerdil, daun muda menguning, daun pada tanaman sempit, pedek dan bahkan tegak, aringan buah cepat mati dan tidak dapat berkembang dengan baik, buah kecil dan mudah ronntok.

Unsur N banyak didapati di udara atau di atmosfer yang merupakan salah satu sumber yag paling besar. Selain yang sudah dijelaskan diatas  kelebihan nitrogen juga berdampak negative bagi tanaman, adapun dampaknya yaitu :

  • Menjadikan tunas yang tidak kuat dan tidak kokoh
  • Menghasilkan biji yang sedikit
  • Dalam proses pemasakan buah sangat lambat dan juga lambatnya proses pembentukaan biji
  • Dapat menurunkan PH tanah yang tentunya snagat merugikan tanaman, sebab akan mengikat unsur hara lain, sehingga tidak tersedia untuk tanaman dan akn sulit untuk diserap oleh tanaman.
  • Pemupuka yang dilakukan akan tidak efisien dan efektif

Dalam prinsifnya unsure N sangat penting dan dibutuhkan oleh tanaman namun apabila pemberiannya secara berlebihan maka akan berdampak tidak baik juga untuk tanaman.

Baca Artikel lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Peran dan Fungsi Unsur Nitrogen (N) pada Tanaman

  1. Pingback: Sifat dan Ciri Utama Tanah Podzol | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *