Peran konservasi Tanah

Peran konservasi Tanah – Tanah adalah komponen penting yang menyusun bumi, peran konservasi tanah pun sangat besar untuk keberlangsungan kehidupan di bumu. Merupakan elemen penting selain tiga elemen lain seperti air, udara, dan api. Apabila salah satu dari tiga elemen tersebut mengalami suatu gangguan maka sudah pasti keseimbangan kehidupan di bumi akan sangat terganggu. Cotohnya jika elemen api terlalu besar maka bencana kebakaran akan melanda, elemen udara jika elemen udara sudah tercemar oleh berbagai polusi maka dapat menggangu pernapasan makhluk hidup, elemen air adalah elemen yang penting untuk kehidupan ini, tidak ada air maka kehidupan akan musnah. Begitu pun dengan elemen tanah yang jika longsor terjadi maka sifat dan struktur tanah pun akan berubah menjadi tidak teratur. Maka untuk menyelesaikan masalah kerusakan tanah Konservasi tanah ini adalah upaya tepat yang dapat dilakukan dalam menyelamatkan tanah dari kerusakan yang ditimbulkan dari banyak sekali faktor.

Untitled

Mengingat peran konservasi tanah yang penting, maka sangat perlu melakukan hal-hal berikut untuk melindungi tanah. Melakukan penyuluhan ke daerah pertanian atau kepada para petani adalah salah satu tindakan yang diperluka agar para petani mengerti betul tentang pentingnya menjaga tanah. Pada bidang pertanian saat ini banyak sekali bentuk pestisida yang beredar untuk tanaman. Jika petani menggunakan obat-obat kimia seperti pestisida secara berlebihan maka tanah adalah salah satu elemen yang harus menerima akibatnya.

Pestisida yang disemprotkan atau disebar akan masuk ke tanah dan mengganggu habitat hewan-hewan yang menghuni tanah. Hal tersebut dikuatirkan akan memutus mata rantai makanan. Beberapa peran konservasi tanah adalah memperbaiki struktur tanah yang rusak, menekan erosi, meningkatkan daya resap air hujan, mengurangi banjir yang biasa terjadi di kota-kota besar seperti misalkan Jakarta, dan mengembalikan kembali keseimbangan bumi.

Selain peran konservasi tanah buatan yang dilakukan oleh manusia untuk melindungi tanah, tanah juga memiliki kemampuan untuk melakukan konservasinya sendiri. Biasanya hal ini terjadi pada tanah yang berada di daerah yang masih terjaga keaslian tanahnya dan tidak tercemar oleh pestisida. Tanah alami dapat melakukan konservasi sendiri dengan cara mampu mengkomposisi unsur hara yang dibutuhkannya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *