Peran Mikroorganisme dalam Mendekomposisi Bahan Organik

Peran Mikroorganisme dalam Mendekomposisi Bahan Organik – Di dalam suatu ekosistem luas, peran organisme perombak zat-zat organik cukup penting dalam kelangsungan keseimbangan ekosistem. organisme perombak tersebut bertugas untuk menguraikan kembali unsur-unsur hara dari bahan-bahan organik yang telah mati dan mengalami pembusukan serta pelapukan untuk dapat digunakan kembali. Hasil penguraian kembali unsur-unsur hara dari bahan organik yang telah mati akan dikembalikan lagi ke tanah (misal N, P, Mg, K, Ca, dan lain-lain) dan ke udara (CH4 dan CO2) untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan tanaman. Sehingga, keseimbangan siklus hara yang ada di ekosistem dapat berlangsung terus-menerus karena peran mikroorganisme dalam mendekomposisi bahan organik.

90o

Dalam proses perombakan bahan organik tersebut, tidak hanya dilakukan oleh satu mikroorganisme saja. Pada proses perombakannya, terdapat 2 jenis perombak yang berperan dalam dekomposisi bahan organik, yaitu:

  • Perombak primer, terdiri dari jenis mesofauna seperti colembolla dan acarina yang bertugas meremah bahan-bahan organik menjadi ukuran yang lebih kecil.
  • Cacing tanah, berfungsi memakan remah-remahan bahan organik dan mengeluarkannya dalam bentuk feces setelah melalui pencernaan di dalam tubuh cacing.
  • Mikroorganisme. Peran mikroorganisme dalam mendekomposisi bahan organik adalah dengan memanfaatkan hasil perombakan dari mesoflora dan cacing tanah sehingga memudahkan untuk mengurai bahan-bahan organiknya.

Organisme tanah berperan dalam mempercepat penyediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Peran mikroorganisme dalam mendekomposisi bahan organikterhadap kebutuhan tanaman pun telah terbukti nyata. Pada tanah yang subur, setidaknya terdapat lebih dari 100 juta mikroorganisme yang hidup di dalamnya dan membantu proses penyuburan tanahnya. Selain itu mikroorganisme dalam tanah juga berfungsi untuk menggemburkan tanah sehingga tanah akan lebih mudah untuk ditanami.

Peran mikroorganisme dalam mendekomposisi bahan organikmerupakan faktor penting dalam tahapan regenerasi unsur hara di alam. Terdapat 2 jenis mikroorganisme perombak bahan organik tersebut, yaitu :

  • Fungi, mikroorganisme perombak bahan organik yang terjadi dalam kondisi aerob.
  • Bakteri, merupakan mikroorganisme yang bertugas merombak bahan organik dalam kondisi anaerob.

Baca Arikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *