Peran plastida pada biosintesis kelompok heme and [Fe–S]

Peran plastida pada biosintesis kelompok heme and [Fe–S] – Peran zat besi dalam kloroplas terkait dengan transfer rantai tilakoid elektron metalloproteins elektron tilakoid melalui dua kelompok prostetik: heme dan kelompok besi – sulfur. Enzim terminalbiosintesis heme, ferrochelatase, mengkatalisis penyisipan besi menjadi protoporfirin IX. Kebanyakan kegiatan ferrochelatase dikaitkan dengan plastida, yang merupakan situs utamabiosintesis heme lebih tinggi dari sel tumbuhan.

Untitled

Dua gen ferrochelatase telah terisolasi dalam Arabidopsis: AtFCII mengkodekan chloroplastic sebuah protein dalam tunas, sedangkan produk AtFCI ditargetkan untuk plastida dan mitokondria di semua jaringan. Pada akar , kolom heme kebanyakan ditemukan di luarplastida, sehingga harus ada mesin ekspor heme pada amplop plastida. Aliran elektron dalam tilakoid juga memerlukan cluster Fe – S. Dalam studi vitro dari impor prekursor ferredoxin yang menunjukkan bahwa kloroplas mampu mensintesis Fe- S cluster mandiri.

Dalam biogenesis vivo, perakitan dan perbaikan kelompok Fe- S telah didokumentasikan dengan baik dalam bakteri. Tiga sistem bakteri hidup berdampingan, disebut NIF (fiksasi nitrogen), ISC (kelompok besi – sulfur), dan SUF (mobilisasi belerang). Tanaman memiliki kemampuan untuk mensintesis kelompok Fe – S baik dalam mitokondria dan plastida. Dalam Arabidopsis, sebuah sistem SUF yang lengkap dan NifS seperti sistein desulfurase yang hadir dalam plastida, sedangkan mitokondria mengandung homolog pada sistem ISC (tiga ISCU seperti desulfurase dan ISC seperti desulfurase) .

Mesin biogenesis Fe – S Kloroplas bekerja kompleks. Produksi S dari sistein protein oleh protein NifS desulfurase chloroplastic diaktifkan oleh SufE. Protein kompleks juga telah diidentifikasi dalam sistem plastidic SUF. AtNAP7 adalah plastidic fungsional ABC / ATPase yang terlibat dalam pemeliharaan dan perbaikan kerusakan oksidatif kelompok Fe – S. AtNAP7 dapat berinteraksi dengan homolog SufD AtNAP6.

Homolog Arabidopsis dari SufB , AtNAP1, telah terbukti berinteraksi dengan AtNAP7, menunjukkan adanya NAP1 – NAP7 – NAP6 kompleks dalam kloroplas . AtNAP1, merupakan ATPase besi- merangsang yang menunjukkan aktivitas optimum pada konsentrasi besi fisiologis. Hal ini menunjukkan bahwa dalam hubungannya dengan AtNAP7 , AtNAP1 bisa bertindak sebagai sensor besi dalam plastida, memicu perakitan dan perbaikan Fe – S dalam menanggapi perubahan kadar zat besi. Selain itu, laf6 , sebuah sistem gugur mutan AtNAP1, menunjukkan fenotipe photomorphogenic dan mengurangi kandungan klorofil .

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *