Peranan Bahan Organik Terhadap Perubahan Sifat Biologi Tanah

Peranan Bahan Organik Terhadap Perubahan Sifat Biologi Tanah – Sifat biologi pada tanah sangat dipengaruhi oleh jumlah mikro organisme yang berada dalam tanah itu sendiri. Secara keilmuan, tanah mempunyai berbagai unsur untuk menopang tingkat kesuburannya. Diantanya adalah unsur kimua, fisik dan unsur biologi tanah. Unsur ataupun sifat biologi tanah ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya adalah adanya kandungan senyawa-senyawa organik maupun anorganik yang berada dalam tanah. Senyawa atau bahan organik yang ada dalam tanah, mempunyai pengaruh yang baik terhadap tanah, sehingga perlu diketahui apa saja peranan bahan organik terhadap perubahan sifat biologi tanah guna mendapatkan manfaat maksimal darinya.

biow

Dewasa ini, banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui peranan bahan organik terhadap perubahan sifat biologi tanah, yang pada intinya agar didapatkan keyakinan bahwa bahan organik memang layak untuk dikembangkan guna meningkatkan produktivitas tanah. Banyak orang belum mengetahui bagaimana sifat biologi tanah pada umumnya, diantaranya adalah dilihat dengan :

  • Mengetahui jumlah mikro organisme yang ada dalam tanah tersebut;
  • Memperkirakan dan menghitung jumlah fungi yang terkandung dalam suatu tanah;
  • Mengetahui banyaknya bakteri pelarut fosfat yang beraktivitas dalam tanah; dan
  • Seberapa besar tingkat respirasi yang dimiliki oleh tanah.

Sifat-sifat biologi yang terdapat pada tanah dapat direka ulang bila kita mampu mengetahui peranan bahan organik terhadap perubahan sifat biologi tanah dengan baik. Bahan organik pada dasarnya dapat dimanfaaatkan sebagai stimulan bagi aktivitas mikro organisme tanah. Secara lebih terperinci, bahan organik ini dapat mempunyai peranan sebagai berikut :

  1. Mampu meningkatkan jumlah maupun keragaman organisme dan mikro organisme yang hidup dalam tanah sehingga secara tidak langsung mempengaruhi proses pembusukan dan pelapukan unsur tanah;
  2. Dapat menumbuhkan tingkat respirasi tanah sehingga setiap oksigen dan karbondioksida yang digunakan oleh organisme dalam tanah terserap secara maksimal.

Selain beberapa fungsi tersebut diatas, ternyata peranan bahan organik terhadap perubahan sifat biologi tanah juga dapat mempercepat proses dekomposisi yang dilakukan oleh berbagai mikro organisme tanah. Hal ini dikarenakan jumlah organismenya yang banyak dan beragam, serta pasokan udara untuk mereka juga terjaga secara konsisten.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *