Peranan Bahan Organik Terhadap Perubahan Sifat Kimia Tanah

Peranan Bahan Organik Terhadap Perubahan Sifat Kimia Tanah – Tanah merupakan salah satu media yang sangat sangat penting bagi dunia pertanian. Pengaruh yang buruk terhadap tanah, dapat berakibat pada turunnya produktivitas tanah. Seperti kita ketahui saat ini, tanah terdiri atas berbagai unsur baik organik maupun non organik. Bahan organik lebih banyak berasal dari alam, sedangkan non organik cenderung berasal dari buatan manusia. Tanah pada umumnya mempunyai sifat kimia yang bisa terafeksi dengan bahan organik maupun non organik. Secara teori, bahan organik yang terdapat dalam tanah dapat mempengaruhi secara positif sifat alami tanah. secara umum, banyak sekali peranan bahan organik terhadap perubahan sifat kimia tanah yang bersifat positif atau menguntungkan bagi pengguna tanah.

Untitled

Hal pertama yang perlu kita pahami untuk mengetahui peranan bahan organik terhadap perubahan sifat kimia tanah adalah dengan mengetahui bagaimana sifat kimia yang ada pada tanah itu sendiri. Pada umumnya sifat kimia yang dimiliki oleh tanah dapat dilihat dari :

  • Tingkat kemasaman tanah, dimana yang dianggap netral di Indonesia adalah berkisar pada Ph 6,0 – 6,5;
  • Kapasitas tukar kation tanah, semakin rendah kapasitas tukar ini ada dalam tanah menandakan tingkat kesuburan tanah lebih baik
  • Derajat kejenuhan basa tanah, tanah yang subur mempunyai tingkat kejenuhan lebih besar dari 80%.

Dengan memperhatikan sifat-sifat alami yang terdapat pada tanah umumnya diatas, maka dapat diketahui pula bahwa peranan bahan organik terhadap perubahan sifat kimia tanah menjadi suatu hal yang tidak bisa dilepaskan. Bahan organik mempunyai pengaruh positif terhadap unsur kimia tanah diantaranya :

  1. Dapat meningkatkan jumlah hara yang disediakan tanah dalam proses mineralisasi;
  2. Mampu menambah kapasitas tukar kation yang dimiliki tanah menjadi kurang lebih 30 kali lebih besar;
  3. Bisa menurunkan muatan-muatan positif pada tanah sehingga pada akhirnya menurunkan tingkat ph tanah.

Penelitian terkini juga menyebutkan bahwa peranan bahan organik terhadap perubahan sifat kimia tanah diantaranya mampu mempengaruhi tingkat efisiensi dan kemampuan penyediaan pemupukan dengan melarutkan ph oleh asam-asam bersifat organik hasil dari dekomposisi sebagai akibat dari aktivitas mikroorganisme yang ada didalam tanah.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *