Peranan dan Definisi Keseimbangan Lingkungan

Peranan dan definisi keseimbangan lingkungan – Ekosistem tidak akan berjalan dengan lancar jika keseimbangannya terganggu, sehingga mengakibatkan kehidupan makhluk hidup lain tidak seimbang.

Keseimbangan ekosistem adalah sebuah keadaan dimana interaksi antara komponen ekosistem berjalan secara harmonis dan seimbang.

pengebang

Kerusakan ekosistem dapat disebabkan oleh :

  1. Faktor alam

Sebuah ekosistem dalam satu tempat dapat rusak karena faktor alam, seperti gunung meletus, gempa bumi dan banjir.

  1. Faktor bukan alami

Faktor bukan alami merupakan faktor karena ulah manusia sehingga mengakibatkan banjir, tanah longsor dan lainnya.

Kegiatan manusia yang berakibat rusak pada ligkungan  :

  1. Penebangan pohon dan pembakaran hutan

Kegiatan penebangan Tanpa melakukan reboisasi dan melakukan pembakaran hutan secara  asal – asalan berakibat buruk pada kehidupan makhluk hidup yang berada di hutan.

Karena penebangan mengakibatkan tanah menjadi longsor karena sudah tidak kuat lagi menampung volume air ketika hujan, selain itu produksi oksigen oleh tumbuhan semakin berkurang. Selain itu pembakaran hutan yang dilakukan dapat mengakibatkan sebuah populasi makhluk hidup mati secara cepat

  1. Pemburuan hewan

Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang bisa di manfaatkan untuk bahan makanan manusia juga bisa untuk sarana rekreasi.

Ketika pemburuan hewan misalkan ikan di lepas pantai bisa juga menggunakan alat peledak dan sebagianya untuk mengkap ikan, sehingga banyak populasi ikan yang mati.

Demi tujuan komersial, banyak ikan yang diburu dan dijual, sehingga banyak ikan yang keluar dari habitat aslinya sehingga mengganggu ekosistem.

  1. Penggunaan pupuk berlebih

Pemakaian pupuk memang dianjurkan dalam dunia pertanian untuk memaksimalkan hasil. Pemakaian pupuk alami sangat tidak membahayakan makhluk hidup lain meskipun berlebih, namun ketika memakai pupuk buatan secara berlebihan akan membahayakan makhluk hidup lainnya.

  1. Pembuangan sampah

Keseharian manusia tidak bisa dipisahkan dari yang namanya sampah, karena hampir setiap kegiatan menghasilkan limbah yang dapat merusak ekosistem.

  1. Pencemaran

Pencemaran terjadi pada tanah, udara, air dan suara. Misalkan sampah plastik yang tidak dapat diuraikan oleh organisme pada tanah, asap kendaraan mempengaruhi keadaan udara, suara bising yang dapat merusak pendengaran dan memasukkan bahan cair atau padat pada air.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *